Mitos atau Fakta HIV Dapat Menular dari Tusuk Gigi?

Jakarta, KabarBerita.id — Bisakah HIV menular dari tusuk gigi?
Berbagai mitos terkait penyebaran penyakit HIV masih banyak yang salah. Bahkan salah satunya adalah HIV menular dari tusuk gigi. Namun hal ini mitos atau fakta?

Ahli penyakit tropik dan infeksi RSCM, Erni Juwita Nelwan mengatakan bahwa resiko tusuk Gigi menyebarkan HIV sangatlah kecil.

Ia mengatakan pada prinsipnya HIV adalah mitos untuk penularan melalui gigi, karena tidak menggunakan tusuk gigi secara bergantian.

Air ludah memang bisa menjadi tempat bersarangnya HIV namun tidak sertamerta dapat menempel dan bertahan hidup terlalu lama di tusuk gigi.

Ia mengaskan apabila ada jumlah virusnya akan sangat sedikit untuk bisa menularkan.

HIV yang menular dari tusuk gigi tentunya mengingatkan pada HIV menular melalui jarum di bioskop. Resikonya bisa saja terjadi akan tetapi potensinya sangat kecil karena virus tidak bisa bertahan di benda mati dalam waktu yang lama. Untuk tuh gigi tentunya tidak digunakan bergantian dengan orang lain sekalipun itu dengan orang yang sehat.

Selain itu masih ada berita miring terkait HIV misalnya tidak boleh berinteraksi dengan orang HIV, penyakit HIV sudah pasti menjadi AIDS, hingga pasien HIV sebaiknya tidak memiliki anak.

Tinggalkan Balasan