Minum Air Dingin Ketika Suhu Panas, Sebabkan Infeksi Saluran Napas

Jakarta, KabarBerita.id –cuaca panas yang cukup ekstrim sedang melanda sebagian besar wilayah Indonesia. Bahkan di Jakarta suhu bisa mencapai angka 36 ° Celcius

Ketika sedang cuaca panas terutama anak anak akan merasa lebih khusus dan minuman dingin karena dia kini dapat membuat badan terasa lebih segar. Namun amankah bagi kesehatan?

Ketua unit kerja koordinasi Gastro Hematologi IDAI Muzal Kadim, tidak membantah hal tersebut hanya saja minuman yang dikonsumsi sebaiknya dalam suhu biasa dalam artian tidak terlalu dingin.

Ia mengatakan apabila terlalu dingin akan ditakutkan memicu infeksi saluran nafas akut. Bukan cuma air yang terlalu dingin minum air panas atau hangat juga tidak dianjurkan diberikan kepada anak ketika suhu ekstrim seperti saat ini.

Air panas tidak membuat suhu tubuh turun dengan cepat dan membuat Anda tetap terasa panas.

Prinsipnya untuk mendinginkan suhu tubuh makan minum air dingin tetapi tidak terlalu dingin atau panas.

Selain itu anak juga tidak suka minum air panas atau hangat karena lidah mereka bisa terluka. Kalau orang tua sebaiknya lebih memperhatikan supaya tidak tersiksa ditengah cuaca yabg cukup ekstrem.

Minuman berperisa baik disajikan dalam kondisi hangat atau dingin, dapat mengganggu saluran cerna dan anak anak juga akan lebih mudah batuk serta mengalami gangguan pencernaan. Maka beri air putih dengan suhu normal maka ini akan lebih sehat dan baik untuk anak.

Tinggalkan Balasan