Merih Demiral Mencetak Sejarah Setelah Membobol Gawang Austria

Jakarta, KabarBerita.id -– Bek timnas Turki, Merih Demiral, mencetak sejarah di Piala Eropa setelah berhasil membobol gawang Austria dalam pertandingan babak 16 besar Euro 2024 yang berlangsung di Stadion Red Bull Arena pada Rabu (3/7) dini hari WIB.

Merih Demiral membuka keunggulan bagi Turki dengan gol cepat yang tercipta dalam waktu 57 detik setelah peluit kickoff dibunyikan.

Bek tengah yang bermain untuk klub Arab Saudi, Al Ahli, memanfaatkan situasi kacau di depan gawang Austria dengan baik.

**Daftar Lengkap Laga Perempat Final Euro 2024**

Gol tersebut terjadi akibat kesalahan pemain Austria. Gelandang Christoph Baumgartner dan bek Stefan Posch gagal mengantisipasi sepak pojok yang dilakukan oleh Arda Guler.

Bola yang mengarah langsung ke gawang berusaha dibuang oleh Baumgartner, namun tidak sempurna sehingga mengenai kaki Posch dan berbalik mengarah ke gawang sendiri.

Beruntung kiper Patrick Pentz berhasil menghalau bola yang nyaris melewati garis gawang. Namun, halauan Pentz tidak sempurna sehingga bola tetap berada di depan gawang.

Bola liar tersebut akhirnya disambar oleh Merih Demiral menjadi gol keunggulan bagi Turki. Menurut cuitan akun resmi Euro 2024, gol Demiral adalah yang tercepat dalam sejarah babak gugur Piala Eropa.

Selain itu, gol ini juga menjadi gol kedua tercepat dalam sejarah Piala Eropa, setelah gol Nedim Bajrami ke gawang Italia di babak grup. Sebelum gol Demiral dan Bajrami, tidak ada gol yang tercipta di Piala Eropa pada menit pertama.

Turki memiliki catatan terbaik di Piala Eropa saat menjadi semifinalis pada Euro 2008 di Austria dan Swiss, di mana mereka kalah 2-3 dari Jerman.

Tinggalkan Balasan