Menunggu Dukungan PKB, PKS, dan NasDem untuk Anies Baswedan sebagai Cagub DKI

Jakarta, KabarBerita.id — Beberapa partai politik sedang mempertimbangkan untuk mengusung Anies Baswedan sebagai calon gubernur Jakarta pada Pilkada 2024. Partai-partai yang telah memberikan sinyal dukungan kepada Anies termasuk PKB, PKS, dan NasDem.

Pengurus PKB, PKS, dan NasDem tingkat provinsi DKI Jakarta telah mengusulkan nama Anies ke tingkat pusat. Keputusan akhir akan diambil oleh dewan pimpinan pusat masing-masing partai.

Partai Keadilan Sejahtera (PKS) adalah yang pertama kali mengumumkan dukungannya tak lama setelah Anies kalah di Pilpres 2024. DPW PKS DKI Jakarta mengusulkan nama Anies dan beberapa tokoh lainnya ke DPP pada bulan Mei, sebagaimana diumumkan oleh Ketua DPW PKS DKI Jakarta Khoirudin pada 23 Mei.

Selain Anies, PKS DKI Jakarta juga mengusulkan Mardani Ali Sera dan Sohibul Iman, yang merupakan kader PKS. “Keputusan DPW PKS DKI mengusulkan ke DPP seperti itu, kewenangan DPP menerima atau menolak,” kata Khoirudin.

Wakil Ketua Majelis Syuro PKS, Hidayat Nur Wahid, menyatakan bahwa DPP masih mengkaji usulan dari pengurus DKI Jakarta. “Keputusan akhir nanti rekomendasi dari DPP dan semuanya masih dalam penggodokan, tapi DPW PKS sudah menyampaikan usulannya dan DPP masih membahas,” ujar Hidayat Nur Wahid.

PKB DKI Jakarta juga mengumumkan dukungan kepada Anies pada 12 Juni, mengusulkan Anies sebagai calon tunggal untuk dipertimbangkan oleh DPP PKB. “PKB DKI Jakarta memutuskan Anies Baswedan menjadi calon tunggal, yaitu untuk mencalonkan di 2024-2029, Desk Pilkada Gubernur DKI Jakarta,” kata Ketua DPW PKB Jakarta Hasbiallah Ilyas.

Keputusan ini diambil melalui rapat kerja pengurus pada 8-9 Juni sebelum diajukan ke DPP PKB. Anies menyambut baik keputusan ini dan menyatakan kesiapan untuk maju sebagai calon gubernur Jakarta pada Pilkada 2024. Namun, tiket dari PKB masih belum pasti karena masih ada proses uji kelayakan dan kepatutan.

DPW Partai NasDem DKI Jakarta mengumumkan tiga kandidat untuk calon gubernur Jakarta pada 17 Juni: Anies Baswedan, Ahmad Sahroni, dan Wibi Andrino. Sekjen DPP Partai NasDem, Hermawi Taslim, menyatakan bahwa pleno DPW DKI bersama Bappilu telah menominasikan tiga nama tersebut. “Pleno DPW DKI bersama Bappilu sudah menominasikan tiga nama: Anies, Sahroni dan Wibi Andrino,” kata Hermawi saat dikonfirmasi, Senin (17/6).

Ahmad Sahroni adalah bendahara umum DPP Partai NasDem dan saat ini menjabat sebagai anggota DPR RI serta Wakil Ketua Komisi III DPR. Wibi Andrino adalah Ketua DPW NasDem Jakarta dan telah bergabung dengan NasDem sejak pemilu 2014.

Tinggalkan Balasan