Menu Makanan yang Wajib Dikonsumsi dan Dihindari Saat Perut Kosong

  • Bagikan
Ilustrasi menu makan

Jakarta, KabarBerita.id — Saat setelah bangun tidur, kondisi tubuh kita ialah kekurangan gula darah yang diperlukan untuk membuat otak dan otot kita dapat bekerja dengan keras. Oleh karena itu di pagi hari sangat penting bagi kita untuk mengonsumsi makan dan minum agar tubuh kita berenergi sepanjang hari.

Umumnya metabolisme di dalam tubuh kita bekerja lambat namun di saat yang sama pula tubuh kita lebih mudah menyerap banyak nutrisi. Dilansir dari laman The Federal, menurut ahli gizi Rujeta Diwekar, sarapan sehat dilakukan dengan mengonsumsi satu genggam kacang almond dan kismis dan minum segelas air hangat.

Kacang almond merupakan sumber protein nabati yang mana dapat melancarkan pencernaan terutama lemak serta melepaskan enzim lipase dalam tubuh. Terdapat pula manfaat lain yakni meminimalisir rasa perut kembung, gangguan pencernaan, hingga gejala PMS.

Sementara itu Kismis hitam dinilai dapat mengurangi kerontokan rambut dan bisa menurunkan kadar kotoran di dalam darah. Dengan mengkonsumsi kismis yang mana kaya akan zat besi dan antioksidan, kita juga bisa mencegah dari kondisi tekanan darah tinggi serta anemia.

Tidak disarankan bagi kita untuk langsung mengonsumsi teh atau pun kopi di pagi hari. Lebih baik kita ganti dengan mengonsumsi air putih hangat teh lemon atau teh jahe karena bisa membantu meningkatkan metabolisme juga kekebalan tubuh.

Kita juga wajib menghindari makanan dan minuman yang tinggi kadar gula, terdapat bahan kimia tambahan yang ekstrem, serta soda. Yang mana apabila kita mengkonsumsi makanan dan minuman tersebut Di saat perut kosong dapat membuat mual serta kembung.

Selain itu makanan pedas dan berminyak juga tidak dianjurkan untuk dikonsumsi saat perut kosong karena dapat membuat lapisan perut menjadi iritasi dan dapat meningkatkan keasaman. Begitu pula apabila kita mengkonsumsi es kopi atau es teh dapat memicu rusaknya selaput lendir dan memperlambat sistem kerja pencernaan.

Adapun hal yang perlu kita hindari saat perut sedang kosong dialah mengonsumsi buah-buahan yang mana kaya sumber serat sehingga bisa membuat beban ekstra bagi perut.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan