Menteri Muhadjir Kaget, Jumlah Tracer Covid-19 Cuma 5 Ribu

Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy

Jakarta, KabarBerita.id — Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengaku kaget mendapati jumlah tracer atau pihak yang bertugas melakukan tracing covid-19 di Indonesia hanya sekitar 5.000 orang.

Bahkan dari angka tersebut, 1.600 lebih tracer berada di Jakarta, itu berarti hanya sekitar 3.400 tracer yang tersebar di seluruh Indonesia.

“Saya kaget waktu dapat laporan jumlah tracer kita tidak sampai 5 ribu seluruh Indonesia dan hampir 1.600 lebih ada di DKI. Jadi sebetulnya memang selama ini kalau dilihat dari jumlah tracer-nya, kita belum melakukan upaya 3T yang serius,” kata Muhadjir dikutip dari keterangan tertulis, Jumat (12/2).

Muhadjir berharap melalui pendekatan mikroskopik seperti yang dicanangkan Presiden Joko Widodo, upaya tracing terkait penyebaran covid-19 ini bisa semakin baik.

Meski begitu, dia meyakini tingkat penyebaran Covid-19 yang paling tinggi dan lebih banyak terjadi saat ini justru terjadi pada level komunitas termasuk dari lingkungan keluarga di rumah.

“Saya yakin betul kalau 3T bisa kita lakukan sungguh-sungguh dan optimal, kita akan bisa mengatasi Covid-19 ini. Di samping juga tenaga tracer terus kita tingkatkan dan kita kerahkan semaksimal mungkin,” kata Muhadjir.

Penyebaran covid-19 di Indonesia memang semakin tinggi. Dalam rangka penanganan covid, pemerintah juga gencar melakukan vaksinasi demi memutus mata rantai penyebaran. Bahkan, TNI juga dikabarkan tengah disiapkan untuk menjadi tenaga vaksinator covid-19.

Tinggalkan Balasan