Menristekdikti: KKN Mahasiswa akan Bersihkan Citarum

Bandung, KabarBerita.id — Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Mohamad Nasir menargetkan program Kuliah Kerja Nyata Tematik Citarum Harum akan membuat Daerah Aliran Sungai Citarum mengalami perubahan signifikan atau menjadi bersih dalam dua tahun.

“Targetnya dalam dua tahun harus ada perubahan signifikan, misalnya dari sisi air harus sudah jernih dan bebas dari limbah. Kemudian masyarakat dari sisi ekonominya ada perbaikan, tingkat kesehatan main baik, juga pendidikan lebih baik,” kata Menristekdikti usai peluncuran KKN Tematik Citarum Harum di Universitas Padjajaran, Bandung, Jawa Barat, Kamis.

KKN Citarum Harum merupakan salah satu solusi untuk mengatasi masalah Sungai Citarum yang merupakan salah satu sungai terkotor di Tanah Air. Masalah yang terjadi pada aliran sungai sepanjang 297 kilometer tersebut sangat kompleks mulai dari pencemaran, masyarakat yang tinggal di sepanjang aliran sungai hingga kondisi lingkungan yang terus-menerus mengalami degradasi.

Nasir mengatakan KKN tersebut melibatkan seluruh perguruan tinggi se-Jawa Barat dan DKI Jakarta.

“Kami sudah koordinasikan program ini kepada seluruh rektor perguruan tinggi negeri dan swasta se-Jawa Barat dan DKI Jakarta. Kami bagi dalam kapling-kapling mulai hulu, tengah dan hilir. Nanti dikelompokkan sesuai wilayah masing-masing dan perguruan tinggi harus mencari solusi terhadap masalah yang ada,” papar dia.

KKN tersebut akan berlangsung dalam jangka waktu satu hingga dua bulan dan bergantian antarperguruan tinggi.

“Juga akan ada pendampingan serta edukasi kepada masyarakat, dan inovasi dari perguruan tinggi juga harus diimplementasikan ke masyarakat. Dan, yang tak kalah penting bagaimana agar ekonomi masyarakat bisa turut meningkat. Jadi jangan masyarakat tergantung pada memanfaatkan sampah itu tapi upaya lain agar ekonominya membaik.” Untuk anggarannya, sambung dia, diserahkan ke masing-masing perguruan tinggi sehingga tidak lagi bergantung pada pusat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here