Menristek: Kita Harus Beralih ke Aplikasi Lokal

0
42 views

Jakarta, KabarBerita.id — Hingga kini masih banyak orang Indonesia yang lebih memilih untuk menggunakan aplikasi asing ketimbang aplikasi lokal. Padahal, dengan memakai aplikasi luar negeri otomatis data-data kita dipegang pihak asing, dan kita belum tentu tahu data kita akan digunakan untuk apa.

Aplikasi lokal dapat menjadi solusi yang baik, sebab keamanan data dapat diawasi langsung oleh pemerintah. Terkait hal ini Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir memberikan saran bagi mereka yang masih enggan memakai aplikasi lokal.

“Mental kita harus diubah. Bila mentalnya produk asing berarti tidak cinta produk dalam negeri. Kita harus mulai cinta dan percaya diri pakai produk dalam negeri,” ucap Nasir seperti dilansir Liputan6.com

Pria kelahiran Ngawi, Jawa Timur itu pun turut menuturkan bagaimana ia selalu memerhatikan terlebih dahulu faktor-faktor lokal yang ada dalam sebuah produk sebelum ia dipakai.

“Saya selalu prioritaskan untuk memakai produk dalam negeri, atau saya perhatikan dulu berapa konten lokal yang dimiliki. Kalau sudah produk Indonesia, lebih bagus begitu,” lanjutnya.

Salah satu platform media sosial lokal yang terus tumbuh adalah ViuGraph. CEO ViuGraph Wahyu Widiyantoro mengatakan ViuGraph memberikan platform berbagi cerita dalam klasifikasi topik-topik tertentu, di samping dengan teman yang sudah dikenal.

Selain hal tersebut, ada fitur filtering yang membuat pengguna ViuGraph hanya melihat apa yang diinginkan dengan timeline berdasarkan waktu kronologis konten tersebut di upload.

Wahyu menjelaskan ViuGraph sebagai media sosial lokal siap untuk menjadi alternatif pengganti media sosial Facebook. Wahyu juga menjelaskan ViuGraph sudah membuatkan akun beberapa pesohor yang sempat mengalami permasalahan karena akun intagramnya dibanned seperti Ustadz Abdul Somad.

Link Google Player viuGraph: KLIK DISINI
Link IOS viuGraph: KLIK DISINI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here