Menko Arilangga Usulkan Beberapa Penanganan terkait Naiknya Kasus Harian Covid-19

  • Bagikan
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartanto

Jakarta, KabarBerita.id — Airlangga Hartanto selaku Menteri Koordinator Bidang Perekonomian meminta untuk dilakukannya peningkatan kapasitas tempat tidur 30-40% di beberapa rumah sakit bagi pasien covid-19.

Peningkatan kapasitas tempat tidur diutamakan dilakukan di kabupaten kota yang termasuk ke dalam zona merah.

Dilansir dari Antara Minggu (13/6), Arilangga menjelaskan bahwa penambahan ini akan dilakukan oleh Kemenkes bersama pemerintah yang nantinya akan dievaluasi selama seminggu kedepan.

Diketahui sejak selesainya Libur Idul Fitri terdapat peningkatan kasus harian covid 19 yang mengakibatkan meningkatnya keterpakaian tempat tidur isolasi di beberapa Rumah Sakit terutama di 4 provinsi besar di Pulau Jawa yakni Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, serta DKI Jakarta.

“Kita harus segera mengendalikan hal ini agar tidak mengganggu pemulihan perekonomian yang sedang diupayakan oleh pemerintah dan para pelaku usaha serta masyarakat,” terang Airlangga.

Beliau juga menyatakan akan segera melakukan pengendalian lewat testing, tracing serta pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro.

“Dengan mempertimbangkan perkembangan risiko di daerah masing-masing, PPKM Mikro akan diperpanjang mulai tanggal 15 sampai 28 Juni 2021,” ujarnya.

Lebih lanjut Airlangga juga meminta realisasi program pemulihan ekonomi nasional (PEN) pada klaster kesehatan yang anggarannya telah dipegang oleh masing-masing Pemda.

Terkait dengan potensi munculnya penularan virus Corona varian baru, kabarnya pemerintah akan mempercepat pelaksanaan Genome-Sequencing untuk melacak Genome(rangkaian DNA/RNA).

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan