Menilik Varian Corona Yang Dapat Sebabkan Badai Sitokin

  • Bagikan

Jakarta, KabarBerita.id — Mulai dari varian Alpha, Beta, Delta, Kappa, hingga Gamma, kini berbagai varian baru virus Corona yang berasal dari mutasi terus bermunculan.

Baru-baru ini diketahui pada pasien penderita covid 19 mengalami kondisi munculnya badai sitokin. Badai sitokin merupakan kondisi saat produksi sitokin dalam tubuh menjadi berlebihan dan menyerang organ tubuh sendiri.

dr.Ceva Wicaksono,spesialis penyakit dalam menyebutkan bahwa badai sitokin dapat disebabkan oleh semua varian mutasi virus Corona SARS-CoV-2. Bahkan sejak pertama kali muncul, China sudah menyatakan bahwa virus tersebut bisa menyebabkan badai sitokin.

Ceva menyatakan terdapat laporan orang yang terinfeksi virus pada awal masa pandemi dimulai banyak terserang badai sitokin.

Sementara itu untuk varian lainnya diketahui badai sitokin justru cenderung lebih sedikit. Pun untuk varian Delta yang dinilai lebih menular tidak lebih banyak menyebabkan badai sitokin dibandung dari jenis aslinya.

Ceva menyebut saat ini belum terdapat bukti secara ilmiah yang menyatakan vaksinasi dapat sembuhkan badai sitokin. Akan tetapi jika seseorang sudah melakukan vaksinasi maka dapat terhindar dari tertular virus covid-19 mulai dari gejala ringan maupun berat sampai yang beresiko muncul badai sitokin.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan