Mengenal Efek Samping Vaksin Covid, Nocebo

Jakarta, KabarBerita.id — Studi menunjukkan efek samping vaksin covid-19 muncul karena pikiran atau sugesti. fek samping tersebut dikenal sebagai nocebo.

Lalu pa itu nocebo?

Dikutip Merriam-Webster, nocebo merupakan efek samping yang memburuk dari sebuah pengobatan yang tak berbahaya disebabkan karena kondisi psikologis pasien. Biasanya efek samping ini terjadi karena sugesti, persepsi atau juga karena kepercayaan yang diyakini seseorang.

Nocebo sendiri berbeda dengan efek plasebo. Obat plasebo merupakan obat yang diberikan kepada pasien tetapi tidak mempunyai efek terhadap pasien tersebut.

Kemudian bagaimana efek samping nocebo terhadap pasien penerima vaksin Covid-19?

Jurnal JAMA Network Open yang dipublikasikan, emnunjukkan hampir dua pertiga efek samping vaksin seperti kelelahan dan sakit kepala muncul karena nocebo.

Temuan ini didapatkan setelah para peneliti menganalisis data dari 12 uji klinis vaksin covid pada 22.802 orang yang dibandingkan 22.578 orang yang telah menerima suntikan plasebo.

Suntikan palsebo merupakan suntikan kosong yang tak mengandung vaksin dan tak memiliki efek samping pada pasien.Penerima plasebo juga tak diberi tahu bahwa mereka menerima plasebo.

Lebih dari 35% pasien penerima plasebo mengalami gejala yang mempengaruhi tubuh seperti sakit kepala, demam, serta kelelahan. Sedangkan 16%  pasien penerima plasebo mengalami satu gejala lokal seperti kemerahan di tempat suntikan, bengkak dan nyeri.

Pada kelompok penerima vaksin, 46% mengalami satu efek samping sistemik, dua pertiga lainnya mengalami satu gejala lokal.

Kemudian para peneliti menyimpulkan bahwa efek samping terjadi pada penerima vaksin yakni efek nocebo, banyak efek juga terjadi pada kelompok plasebo.

Pada temuan lain, setelah vaksin dosis kedua diterima oleh penerima vakisn maka plasebo berkurang. Hal ini terjadi karena penerima vaksin sudah mengantisipasi diri sehingga mereka tak mengalami efek samping seperti ketika menerima suntikan dosis pertama.

Untuk mencegah efek samping nocebo ketika vaksin, penerima vaksin disarankan untuk menghilangkan ketakutan dan yakin dengan dilakukannya vaksin justru akan memberikan dampak positif terhadap tubuh.

Tinggalkan Balasan