Mengangkut Warga Afghanistan, AS Dapat Tawaran Bantuan Pesawat Evakuasi Dari Singapura

  • Bagikan

Jakarta, KabarBerita.id — Bantuan pesawat untuk proses evakuasi di Afghanistan ditawarkan pihak Singapura kepada Amerika Serikat menyusul adanya kekacauan akibat pengambilalihan kekuasaan oleh Taliban di sana pekan lalu.

Saat Kunjungan Wakil Presiden AS, Kamala Harris, di Singapura pada Senin (23/8), Perdana Menteri Lee Hsien Loong menyampaikan langsung tawaran tersebut.

Dalam konferensi pers lewat daring, Lee menyampaikan,pihaknya menawarkan pesawat tanker Republik Singapura Air Force (RSAF) Airbus 330 Multi-Role kepada AS.

Wakil Presiden AS menanggapi hal tersebut dengan menyampaikan rasa terima kasih atas kemurahan hati pihak Singapura terhadap AS.

Dalam pertemuan tersebut keduanya juga membahas beberapa hal lain seperti hubungan diplomatik, Kesehatan Global,cara menghadapi pandemi covid 19, serta keamanan di wilayah Laut Cina Selatan.

Sementara itu saat ini pasukan Amerika Serikat masih terus melakukan evakuasi di Kabul dengan mengerahkan 6 ribu tentara untuk bantu evakuasi warga Afghanistan.

Hingga saat ini bandara internasional Kabul masih terus dipenuhi ribuan orang yang berdesakan berebut untuk masuk ke pesawat agar bisa lari dari Afghanistan.

Menurut data Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO), tercatat sekitar 12000 orang yang baik warga lokal maupun WNA Afghanistan telah berhasil di evakuasi.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan