Menang Banding, Hukuman Marquez Resmi Dihapus

Jakarta, KabarBerita.id — Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez berhasil menang ddam pengadilan banding yang membuat hukuman double long lap penalty dihapus.

Marc Marquez sebelumnya dijatuhi hukuman long lap penalty ganda karena menjadi penyebab tabrakan dengan Miguel Oliveira di MotoGP Portugal 2023 pada Maret lalu.

Kecelakaan yang terjadi ini membuat Marquez dilaporkan mengalami patah tulang metacarpal di tangan kanan.
Karena hukuman tersebut Marquez harus menjalani hukuman di MotoGP Argentina 2023.

Namun karena masih cedera Marquez absen di MotoGP Argentina. Tetapi pemberlakukan hukuman kemudian berubah dengan muncul keputusan bahwa Marquez tetap dihukum pada balapan berikutnya di manapun ketika ia sudah kembali ke lintasan. Honda pun kemudian mengajukan banding atas putusan tersebut.

Tetapi karena masih belum pulih Marquez juga masih absen di seri selanjutnya di MotoGP Amerika Serikat dan MotoGP Spanyol. Namun kini hukuman double long lap penalty untuk Marquez akhirnya dihapus setelah Honda berhasil memenangkan banding.

“Pengadilan memutuskan untuk membatalkan permohonan hukuman yang dijatuhkan kepada Marc Marquez, yang dikeluarkan oleh FIM MotoGP Stewards Panel sehubungan dengan hukuman awal,” kata FIM dikutip dari laman MotoGP.

“Pengadilan menilai bahwa Double Long Lap Penalty yang dijatuhkan kepada Marc Marquez oleh FIM MotoGP Stewards Panel pada Race MotoGP Portugal yang diberikan pada 26 Maret 2023 telah dijalani dengan tidak berpartisipasinya sang rider pada race MotoGP Argentina. Karenanya Marc Marquez diizinkan untuk bersaing di balapan berikutnya di mana dia akan dapat berpartisipasi, tanpa sanksi lebih lanjut,” tulis FIM menambahkan.

Dengan demikian Marquez bisa tampil di MotoGP Prancis yang akan digelar pada 12-14 Mei mendatang tanpa hukuman apapun.

Tinggalkan Balasan