Melihat Korelasi Antara Pola Makan Tertentu Dengan Resiko Kanker

  • Bagikan
Ilustrasi pola makan

Jakarta, KabarBerita.id — Mengatur pola makan dengan cara diet memiliki keterkaitan dengan pengendalian terhadap risiko kanker.

Pencegahan kanker saat ini menjadi Prioritas pertama pada bidang kesehatan. Yang mana para peneliti telah memperkirakan pada abad ini resiko utama kematian disebabkan oleh kanker.

Para ilmuwan sebelumnya telah melakukan beberapa studi dengan mengidentifikasi korelasi antara pola diet khusus dengan jenis kanker tertentu.

Peneliti menenukan bahwa salah satu yang memiliki hubungan kuat ialah asupan daging olahan. Pada tahun 2015 badan internasional penelitian kanker IARC melakukan riset serupa.

Dalam risetnya ditemukan bahwa daging olahan merupakan karsinogenik dan daging merah yang tidak diproses mengarah pada kemungkinan karsinogenik.

Riset lain yang dilakukan tahun 2018 juga mengungkapkan bahwa peningkatan asupan daging olahan dan daging merah per harinya dapat meningkatkan 20% risiko kanker kolorektal.

Selain itu konsumsi banyak daging olahan dan daging merah memiliki resiko peningkatan kanker lain seperti kanker perut dan payudara.

Dalam laman Pakistan Observer, Ahad (20/6), adapun yang memiliki faktor resiko bagi berkembangnya kanker dalam tubuh ialah saat seseorang mengkonsumsi alkohol.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan