Masih Haus Meski Sudah Banyak Minum? Ini 5 Penyebabnya

Jakarta, KabarBerita.id — Jika Anda merasa haus meskipun sudah minum banyak air, ada beberapa kemungkinan penyebabnya.

Asupan cairan yang cukup sangat penting untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi. Tubuh yang terhidrasi dengan baik dapat berfungsi secara optimal.

 

Air membantu melancarkan aliran darah, membuang racun, mengatur suhu tubuh, serta meregulasi hormon dan fungsi saraf.

 

Sebaliknya, kekurangan cairan dapat berdampak buruk bagi tubuh. Menurut Mayo Clinic, tanda-tanda dehidrasi termasuk urine berwarna gelap, rasa haus, kelemahan tubuh, kebingungan, hingga kehilangan kesadaran.

 

**Penyebab Haus Terus-Menerus**

 

Biasanya, dianjurkan untuk minum setidaknya 1-1,5 liter air per hari, meskipun jumlah ini bisa lebih besar tergantung pada aktivitas dan kondisi lingkungan.

 

Namun, jika Anda tetap merasa haus meskipun sudah banyak minum, berikut beberapa penyebab yang mungkin:

 

1. **Ketidakseimbangan Elektrolit**

Ketidakseimbangan elektrolit bisa menjadi alasan utama mengapa Anda merasa haus meskipun sudah minum banyak air. Dietisien Caitlin Self menjelaskan bahwa minum banyak air tanpa cukup mengonsumsi buah dan sayuran dapat menyebabkan elektrolit terbuang bersama air. “Tubuh kita memicu respons haus, yang menyebabkan kita minum lebih banyak air dan menyebabkan pengenceran elektrolit lebih lanjut,” ujar Self, seperti dikutip dari Byrdie. Selain air, tambahkan makanan tinggi elektrolit seperti pisang dan air kelapa dalam diet Anda.

 

2. **Banyak Berkeringat**

Tubuh kehilangan banyak elektrolit dan cairan saat berkeringat. Jika tidak segera digantikan, wajar jika Anda merasa sangat haus. Dokter penyakit dalam Dana Cohen menjelaskan, “Jika kita banyak berkeringat dan hanya minum air biasa tanpa elektrolit, kita justru bisa kehilangan lebih banyak elektrolit yang berbahaya.”

 

3. **Rasa Lapar**

Tubuh kadang mengirimkan sinyal yang mirip antara lapar dan haus. Beberapa orang merasa mudah tersinggung saat lapar atau haus. Self mengatakan, hal ini lebih sering terjadi pada orang dengan kadar gula darah tidak normal.

 

4. **Proses Hidrasi yang Memerlukan Waktu**

Saat Anda mengalami dehidrasi, tubuh membutuhkan waktu untuk kembali terhidrasi meski sudah minum banyak air. Setelah minum, cairan awalnya masuk ke sistem peredaran darah. Dari sana, cairan dipecah ke jaringan tubuh lain, yang bisa menurunkan kandungan cairan dalam sirkulasi darah. Oleh karenanya, tubuh perlu waktu sampai hidrasi terpenuhi.

 

5. **Konsumsi Obat Diuretik**

Beberapa obat bersifat diuretik, yang mengeluarkan garam dan air dari tubuh. Penting untuk mengonsumsi cairan dan elektrolit saat menggunakan obat jenis ini.

 

Jika Anda masih merasa haus meskipun sudah minum banyak air, ada baiknya memeriksa penyebab-penyebab tersebut dan melakukan penyesuaian yang diperlukan.

Tinggalkan Balasan