Masih Dibawah China, Indonesia Raih 3 Gelar di BWF World Tour

Jakarta, KabarBerita.id — Dari kalender padat turnamen badminton BWF World Tour awal tahun ini, Indonesia menghasilkan tiga pemenang dan merupakan salah satu negara kolektor gelar terbanyak.

BWF World Tour 2023 dimulai sejak Malaysia Open yang dilaksanakan pada 10-15 Januari. Agenda kejuaraan BWF World Tour tahun ini berlanjut ke India Open, Indonesia Masters.

Dari tiga kejuaraan tersebut, Indonesia meraih tiga gelar. Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto menjadi penyumbang gelar pertama ketika berhasil menjuarai sektor ganda putra Malaysia Open.

Setelah absen memijak podium tertinggi di India Open, atlet-atlet badminton Indonesia kembali meraih juara di hadapan pendukung sendiri. Jonatan Christie dan Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin merayakan keberhasilan di Indonesia Masters.

Catatan tiga gelar tersebut hanya kalah dari China. Negeri Tirai Bambu meraih lima gelar, yang terdiri dari dua gelar di Malaysia Open melalui Chen Qingchen/Jia Yifan dan Zheng Siwei/Huang Yaqiong, satu gelar di India Open dari Liang Weikeng/Wang Chang, dan dua gelar di Indonesia Masters lewat Liu Shengsu/Zhang Shuxian dan Feng Yanzhe/Huang Dongping.

Sementara Jepang memiliki gelar sama seperti Indonesia. Skuad Negara Matahari Terbit berjaya lewat Akane Yamaguchi di Malaysia Open, serta Nami Matsuyama/Chiharu Shida dan Yuta Watanabe/Arisa Higashino di India Open.

Negara lain yang sudah mengumpulkan gelar lebih dari satu adalah Korea Selatan lewat dominasi An Se Young di India Open dan Indonesia Masters.

Sedangkan Denmark menjaring gelar lewat Viktor Axelsen di Malaysia Open di Thailand menuai sukses lewat Kunlavut Vitidsarn di India Open.

Peringkat Negara di BWF World Tour (Hingga Januari 2023):

1. China: 5 Gelar

2. Jepang: 3 Gelar

3. Indonesia: 3 Gelar

4. Korea Selatan: 2 Gelar

5. Denmark: 1 Gelar

6. Thailand: 1 Gelar

Tinggalkan Balasan