Manfaat Tersembunyi dari Vitamin D

  • Bagikan
Vitamin D

Jakarta, KabarBerita.id — Universitas Nagoya melakukan penelitian terbaru yang mempelajari mengenai vitamin D yang terdapat pada sinar matahari. Dalam studi tersebut diketahui bahwa vitamin D bisa membantu menjaga lemak tubuh tetap rendah.

Studi ini dilakukan pada sebanyak 42 atlet elit pria di Jepang sebelum padam terjadi. Fokus dari penelitian ini ialah pada komposisi tubuh dan kadar vitamin D dalam darah. Dari 2/3 jumlah atlet diberikan dosis harian vitamin sinar matahari, dan sisanya tidak.

Pada akhir penelitian para ilmuwan melihat bahwa yang tidak diberi vitamin D memiliki 1, 9% lemak tubuh, sedangkan yang diberikan suplemen vitamin D memperoleh 0,2% lemak tubuh.

Dilansir dalam laman Men’s Health, suplementasi vitamin D berperan untuk mempertahankan persentase lemak tubuh. Oleh karena itu semakin besar peningkatan kadar vitamin D maka akan semakin kecil peningkatan persentase lemaknya.

Terdapat penelitian lain yang menunjukkan potensi tersembunyi dari vitamin D. studi yang dilakukan oleh Universitas Ilmu Kedokteran Teheran menunjukkan bahwa, pada peserta yang diberikan suplemen vitamin D selama 12 pekan setiap harinya, dapat kehilangan kurang lebih 3 kg lemak tubuh dan bisa mendapat 2 kg massa tubuh tanpa lemak.

Lebih lanjut studi dari Universitas Kyung Hee, juga menunjukkan pelaku diet yang melakukan latihan sirkuit setiap harinya dan mengonsumsi vitamin D, bisa menurunkan lebih banyak berat badan dibanding peserta yang tidak mengkonsumsi vitamin D.

Oleh karena itu kita bisa memanfaatkan sinar matahari demi menjaga agar tubuh kita tidak mengalami peningkatan lemak.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan