Manfaat Renang Bagi Tubuh, Tingkatkan Kualitas Tidur

Jakarta, KabarBerita.id — Olahraga renang merupakan salah satu olahraga yang banyak diminati orang dari beragam usia. Selain aktivitas yang menyenangkan ada banyak manfaat renang untuk tubuh.
berenang adalah olahraga yang cocok untuk semua usia dan merupakan cara terbaik untuk melatih seluruh tubuh dan sistem kardiovaskular.

Merujuk Healthline, satu jam berenang bisa membakar kalori hampir sama banyaknya dengan berlari tanpa berdampak nyeri pada tulang dan persendian.

Tidak heran hingga saat ini olahraga renang menjadi salah satu olahraga yang populer dan digemari banyak orang.

Berikut ini sejumlah manfaat renang bagi tubuh yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Meningkatkan kualitas tidur
Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan oleh National Library of Medicine pada orang dewasa dengan insomnia, peserta melaporkan mengalami peningkatan kualitas hidup dan tidur setelah melakukan olahraga seperti berenang dengan rutin.

2. Membantu mengelola stres
Penelitian yang dilakukan di Taiwan juga membuktikan bahwa dari 101 orang, sebanyak 36 orang melaporkan stres yang mereka alami hilang setelah mereka rutin melakukan renang.

3. Membantu mengurangi keparahan penyakit asma
Olahraga ini membantu mengembangkan kapasitas paru-paru serta mengendalikan sistem pernapasan.

Manfaat tersebut akan terasa khususnya bagi penderita penyakit asma. Akan tetapi tidak disarankan untuk melakukan renang ketika kondisi asma sedang tidak terkontrol karena dapat membahayakan.

4. Membakar kalori
Merujuk Medical News Today, berenang merupakan olahraga yang melibatkan seluruh anggota tubuh. Hal tersebut menjadikannya salah satu cara terbaik untuk membakar kalori dengan cepat.

Akan tetapi perlu diketahui bahwa jumlah kalori yang terbakar tergantung pada berat badan seseorang dan seberapa kuat mereka berenang.

5. Mengurangi kekakuan pada sendi
Renang juga dapat membantu mengurangi rasa nyeri atau sakit yang muncul akibat cedera. Saat berenang, air akan membantu menopang beban tubuh dan membuat sendi dan tulang tidak bekerja terlalu berat.

Selain itu berenang juga baik untuk sendi menjadi lebih fleksibel dan terhindar dari rasa kaku. Berenang mampu membangun masa otot daripada olahraga lainnya karena tekanan air mampu membatasi gerak yang diciptakan oleh otot.

6. Menjaga berat badan
Berenang juga merupakan salah satu olahraga yang cukup baik dilakukan untuk membakar lemak, terutama bagi Anda yang ingin menjaga berat badan yang ideal.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda dapat melakukannya secara rutin serta mengonsumsi makanan yang sehat untuk membantu menjaga berat badan ideal Anda.

7. Menyehatkan sistem kardiovaskular
Renang merupakan olahraga yang dapat membantu menjaga kesehatan sistem kardiovaskular, seperti jantung, paru-paru, dan sistem peredaran darah.

Olahraga ini dapat membuat detak jantung meningkat tanpa membuat tubuh stres serta dapat juga membantu menyeimbangkan tekanan darah dan mengontrol gula darah dalam tubuh.

8. Menurunkan kolesterol
Renang juga dapat membantu Anda menurunkan kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh dan meningkatkan kolesterol baik (HDL).

Hal itu karena saat berolahraga semua anggota tubuh bergerak sehingga berdampak baik untuk kesehatan. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda dapat melakukan olahraga yang satu ini secara rutin.

9. Menyehatkan tubuh ibu hamil dan janin
Berenang yang dilakukan ibu hamil pada ketiga trimester dapat melindungi bayi dari masalah neurologis yang disebut hipoksia-iskemia. Selain itu, ibu hamil yang rutin berenang juga memiliki risiko lebih rendah mengalami persalinan prematur dan cacat bawaan.

Meski demikian pastikan Anda berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter kandungan.

Tinggalkan Balasan