Manfaat Keladi Tikus dan Daun Sirsak untuk Kesehatan

Jakarta, KabarBerita.id — Baru-baru ini penelitian tentang manfaat aneka obat herbal terus dikembangkan, termasuk daun keladi tikus dan daun sirsak.

Ternyata kedua daun ini memiliki banyak manfaat kesehatan seperti obat nyeri, meredakan batuk,  sampai antivirus untuk menghambat SARS-CoV-2.

Jeffri Aloys Gunawan selaku Ahli penyakit dalam dan edukator kesehatan mengungkapkan berdasarkan hasil penelitian ekstrak keladi tikus memiliki kandungan senyawa alkaloid, triterpenoid, lignan, flavonoid, tanin, dan sterol yang memiliki manfaat sebagai antiradang, antioksidan, anti kanker, antimikroba dan menghilangkan efek buruk kemoterapi.

Sehubungan adanya zat aktif dalam keladi tikus yang diduga dapat mencegah dan meringankan reaksi imunologi seperti alergi maka keladi tikus ini bisa dipakai sebagai obat batuk.

Keladi tikus sudah dimanfaatkan secara tradisional untuk mengatasi sakit kepala, meredakan batuk, serta nyeri perut.

Annona muricata atau ekstrak daun sirsak berpotensi sebagai imunostimulator.

Dari beberapa hasil penelitian didapat kelompok senyawa acetogenin dalam ekstrak daun sirsak berpotensi sebagai antivirus yang dapat menghambat spike protein dari virus SARS-CoV-2 penyebab COVID-19 dan mencegah perlekatan protein virus SARS-CoV-2 pada membran sel manusia.

Jefri mengatakan, ekstrak daun sirsak memiliki aktivitas sebagai anti peradangan, antikanker, antioksidan, antiinfeksi, menstabilkan gula darah, obat batuk pilek, dan radang tenggorokan.

Sirsak termasuk dalam jenis pohon cemara berbunga dan sangat populer di tempat asalnya di Amerika Tengah, Afrika, dan Asia Tenggara.

Daun sirsak memiliki hampir nol kalori serta memiliki sejumlah mineral dan vitamim sebagaimana dalam buah.

Daun sirsak juga mengandung nutrisi penting lain seperti kalium, zat besi, kalsium, asam gentilis,vitamin A, vitamin B, dan vitamin C, serta anonol yang berfungsi sebagai penambah alami sistem kekebalan tubuh.

Daun sirsak sudah dimanfaatkan secara tradisional di berbagai belahan dunia untuk membantu meredakan nyeri kepala, rematik, dan insomnia.

Tinggalkan Balasan