Mampu Atasi Nyeri, Begini Cara Kerja Paracetamol

  • Bagikan

Jakarta, KabarBerita.id — Kita semua tentu mengetahui fungsi dari Paracetamol. Namun tahukan anda bagaimana cara kerja Paracetamol ?

Paracetamol merupakan obat yang berfungsi sebagai penghilang rasa sakit yang biasanya digunakan untuk mengatasi nyeri dan mengurangi panas.

Aman untuk dikonsumsi dan bisa didapatkan secara bebas, Paracetamol bisa dighnakan untuk meredakan sakit gigi, sakit kepala, nyeri saat menstruasi, nyeri terkilir, sakit punggunh dan sebagainya.

Cara kerja dari Paracetamol adalah dengan menghambat bahan kimia yang memberikan sinyal rasa sakit ke otak. Jika digunakan untuk menurunkan panas, Paracetamol akan mempengaruhi pembawa pesan yang mengatur suhu tubuh.

Dikutip dari NHS, Waktu yang dibutuhkan Paracetamol untuk bekerja secara efektif adalah satu jam usai dikonsumsi dan dapat bertahan hingga lima jam.

Dalam kurun waktu lima jam tersebut, rasa nyeri akan berkurang. Namun yang harus kita perhatikan adalah paracetamol tidak bekerja mengurangi peradangan.

Abraham Andi Padlan Patarai selaku Ketua Umum Perhimpunan Dokter Umum Indonesia (PDUI) mengatakan paracetamol merupakan salah satu jenis obat yang jarang mendapatkan laporan terkait efek samping.

Meski begitu, tidak disarankan konsumsi Paracetamol dengan dosis berlebih atau bersamaan dengan obat lain yang juga mengandung Paracetamol.

Perlu diperhatikan bahwa Dosis konsumsi paracetamol untuk orang dewasa adalah 1 tablet atau kapsul 500 mg dan dapat dikonsumsi hingga 4 kali dalam 24 jam dengan jeda empat jam antar dosis.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan