Makanan yang Tetap Sehat Meski Disantap dalam Keadaan Beku

  • Bagikan

Jakarta, KabarBerita.id — Menyimpan stok makanan di kulkas bisa jadi memudahkan saat hendak memasak bagi Anda yang punya mobilitas cukup tinggi. Masak sebentar atau langsung menyajikannya setelah mencair, makanan beku pun dapat segera dinikmati.

Dari berbagai jenis makanan beku yang beraneka ragam, lebih baik memilih yang lebih sehat. Makanan beku apa saja yang tegolong lebih sehat? Simak daftarnya, seperti dilansir laman di Eat This, Kamis (11/3):

1. Kacang polong

Menambahkan setengah cangkir kacang-kacangan ini ke dalam hidangan apa pun akan memberi tambahan empat gram protein dan 3,5 gram serat yang menyehatkan. Kacang polong beku bisa dimasukkan dalam piring setelah selesai memasaknya ataupun dibiarkan mencair dalam beberapa menit.

2. Roti gandum utuh

Mengganti produk biji-bijian olahan dengan varietas biji-bijian telah terbukti membantu orang dewasa yang kelebihan berat badan makan lebih sedikit dan menurunkan berat badan. Selain itu, juga dapat mengurangi peradangan.

Semua roti roti panggang dapat disimpan di dalam freezer selama dua hingga tiga bulan, sedangkan menyimpan roti di meja hanya akan bertahan selama sepekan atau lebih sebelum menjadi berjamur.

3. Bayam

Bayam mengandung antioksidan penunjang kesehatan mata yang melawan radikal bebas. Bayam juga merupakan salah satu sumber utama kalsium, magnesium, serta zat besi nabati. Kandungannya juga bertindak sebagai prebiotik, yang membantu mendorong pertumbuhan bakteri usus yang baik.

4. Buah beri campur dan pisang

Dari beri campur hingga pisang menjadi di antara makanan terbaik untuk disimpan di freezer. Buah bagus untuk dijadikan smoothie, sebagai topping untuk overnight oat, dijadikan oat instan, topping pada yogurt, atau untuk membuat es krim hingga topping pancake yang lebih sehat. Cukup rebus buah beku dengan sedikit jus lemon dan air untuk menghasilkan saus beri yang luar biasa. Buah-buahan kaya akan antioksidan penangkal radikal bebas, dan mungkin yang mengejutkan, beberapa buah beku sebenarnya lebih tinggi dalam antioksidan tertentu dibandingkan buah segar.

5. Kacang

Penuh dengan lemak sehat, vitamin, mineral, protein, dan serat, kacang-kacangan adalah bahan sempurna untuk dimiliki setiap saat. Tidak hanya menyimpan kacang di freezer untuk keperluan darurat, tetapi juga menjadi cara terbaik untuk menyimpan kacang setiap saat. Keamanan Pangan Universitas California menjelaskan bahwa kacang-kacangan mempertahankan kualitasnya selama satu tahun atau lebih pada suhu lemari es atau lebih.

6. Udang

Ingin menambahkan lebih banyak protein ke dalam makanan? Simpan sekantong udang beku yang akan menjadi salah satu sumber protein murni terbaik yang dapat dibeli. Rebus udang untuk kemudian ditumis dengan EVOO dan bawang putih. Sajikan bersama sayuran dan nasi favorit, atau ditambahkan ke tumisan.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan