Mahfud: Jokowi Dilema Soal Piala Dunia U-20

Jakarta, KabarBerita.id — Menko Polhukam Mahfud MD menaruh harapan Indonesia tak menerima sanksi berat dari FIFA menyusul pembatalan status Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023.

“Mudah-mudahan nanti sanksinya ya dari FIFA tidak berat bagi perkembangan sepak bola kita, dan itu insya Allah. Itu insya Allah nanti sanksinya tidak akan menyebabkan Indonesia tidak boleh ikut kegiatan FIFA, insya Allah tidak sampai itu,” kata Mahfud di Masjid Kampus UGM, Sleman, DIY, Minggu (2/4).

Lebih lanjut Mahfud mengatakan Presiden Jokowi menghadapi dilema terkait status tuan rumah Piala Dunia U-20 2023, yang seharusnya digelar di Indonesia pada 20 Mei hingga 11 Juni mendatang.

“Tetapi mungkin ada sanksi-sanksi lain yang kita tunggu saja. Tapi harap dimaklumi. Pemerintah, terutama Pak Jokowi, menghadapi dilema yang kemudian penyelesaiannya seperti sekarang ini,” ucap Mahfud.

Mahfud menyatakan keputusan FIFA merupakan jalan tengah dari Indonesia yang meneguhkan prinsip anti imperialis Presiden Sukarno menyikapi pendudukan Israel di Tanah Palestina, dan tuntutan keikutsertaan dalam pergaulan internasional melalui bidang olahraga.

Bagi pemerintah itu merupakan sebuah dilema yang tak mudah untuk dihadapi dan dicari jalan keluarnya. Sehingga dia meminta publik untuk bisa memakluminya.

“Masyarakat harus maklum, adik-adik pesepakbola harus maklum, kemudian dunia politik juga harus maklum. Keputusan sudah jatuh, keputusan sudah ditetapkan, mari kira jalan sekarang sesuai keputusan yang diambil oleh FIFA. Dan kita terap akan membuka pintu bermain di FIFA,” ucap Mahfud.

Otoritas sepak bola dunia FIFA telah secara resmi mencoret Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023.

FIFA tak menjelaskan secara spesifik alasan mencabut status tuan rumah Indonesia. Mereka hanya menyebut pencabutan status tuan rumah berdasarkan situasi terkini di Indonesia.

Situasi tersebut diduga terkait dengan penolakan sejumlah kepala daerah terhadap kehadiran timnas Israel U-20 di Piala Dunia U-20 2023.

Tinggalkan Balasan