Mahasiswa Unhas Buat Pomade dari Mata Ikan

Makassar, KabarBerita.id — Mahasiswa Universitas Hasanuddin (Unhas) menghadirkan inovasi pomade dari mata ikan untuk menutrisi rambut dan kulit kepala. Inovasi ini mampu meraih medali pada ajang Pekan Ilmiah Mahasiswa (PIMNAS) Ke-33 Tahun 2020.

Ketua tim Andi Tenri Nurunnisa menjelaskan inovasi ini hadir dari permasalahan rambut rontok dan ketombe pada penggunaan pomet. “Untuk mata ikan yang kami gunakan adalah mata ikan tuna, karena sumber minyak yang dihasilkan lebih banyak dengan kualitas baik,” katanya.

Mata ikan memiliki sumber minyak ikan yang berkualitas lebih baik, dengan kandungan yang besar. Mata ikan belum dimanfaatkan secara optimal, bahkan hanya menjadi limbah.

Inovasi ini hadir, selain untuk menghasilkan produk juga untuk mengurangi limbah mata ikan.”Kami berharap inovasi yang kami ajukan dapat segera terealisasi,” kata Tenri.

Terkait keikutsertaan di Pimnas 2020, Tenri bersama tim mempunyai cita-cita bersama yakni membanggakan Unhas sebagai institusi. Selain itu, prestasi yang mereka raih menjadi salah satu tolak ukur kemampuan individu, guna menjadi bahan pembelajaran lebih baik ke depan.

Selama masa persiapan hingga perlombaan, Tenri menuturkan tidak mengalami hambatan yang berarti. Hanya saja, situasi pandemi mendorong ia dan timnya perlu penyesuaian terhadap metode perlombaan, yang semula luring beralih menjadi daring.

“Kami berharap semakin banyak inovasi dan prestasi yang dihasilkan oleh teman-teman mahasiswa Unhas. Selain memberikan dampak positif kepada Unhas sebagai institusi, juga ada manfaat besar untuk pengembangan diri,” ujarnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here