Madrid Raih Gelar Liga Champions ke-15 Usai Taklukkan Dortmund

Jakarta, KabarBerita.id — Real Madrid meraih gelar Liga Champions ke-15 setelah menundukkan Borussia Dortmund dengan skor 2-0 dalam pertandingan final di Stadion Wembley, London, Minggu (2/6) dini hari WIB.

Pada babak pertama, Borussia Dortmund tampil lebih dominan. Pasukan Edin Terzic berhasil membuat permainan Madrid tidak berkembang.

Federico Valverde memiliki peluang melalui tembakan kaki kiri, namun tidak tepat sasaran. Setelah itu, Dortmund mendominasi 45 menit pertama, dengan peluang terbaik datang pada menit ke-23 ketika sontekan Niclas Fullkrug mengenai tiang gawang setelah mengelabui Thibaut Courtois.

Di awal babak kedua, Madrid langsung mengancam dengan dua peluang dari Toni Kroos dan Dani Carvajal. Tendangan bebas Kroos ditepis Gregor Kobel, sementara sundulan Carvajal dari situasi sepak pojok melambung di atas mistar gawang Dortmund.

Dortmund kembali memiliki kesempatan emas untuk memimpin pada menit ke-63 melalui sundulan Fullkrug setelah menerima umpan silang Adeyemi, namun Courtois berhasil mengamankan gawangnya.

Madrid akhirnya membuka keunggulan pada menit ke-74. Umpan sepak pojok dari Toni Kroos disambut sundulan Dani Carvajal yang merobek gawang Dortmund.

Hanya tiga menit kemudian, Jude Bellingham hampir memperbesar keunggulan Madrid, namun tendangannya di dalam kotak penalti membentur pemain belakang Dortmund.

Setelah unggul 1-0, Madrid terus menekan. Kroos kembali mengancam melalui tendangan bebas yang digagalkan Kobel.

Pada menit ke-83, kesalahan fatal dilakukan oleh Ian Maatsen yang memberikan umpan tidak akurat sehingga direbut oleh Bellingham. Pemain asal Inggris tersebut mengoper bola ke Vinicius Junior yang tak terkawal di kotak penalti. Vinicius dengan tenang menyelesaikan peluang tersebut, mengubah skor menjadi 2-0.

Dortmund sebenarnya sempat mencetak gol melalui sundulan Fullkrug beberapa menit kemudian, namun dianulir wasit karena offside.

Madrid mampu mempertahankan keunggulan hingga akhir pertandingan. Tim ibu kota Spanyol itu pun menutup laga dengan kemenangan 2-0 atas Dortmund dan mengukuhkan gelar Liga Champions ke-15 mereka.

Tinggalkan Balasan