Luhut Naikkan Harga Tiket Candi Borobudur, Fadli Zon : Menkosaurus

  • Bagikan

Jakarta, KabarBerita.id — Anggota DPR dari Fraksi Gerindra Fadli Zon menyindir Menteri Koordinator Maritim dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan soal kenaikan harga tiket masuk tempat wisata candi Borobudur.

Diketahui, Luhut mengumumkan harga tiket masuk ke Borobudur naik jadi sebesar Rp750 ribu untuk wisatawan domestik.

Melalui akun Twitternya, Fadli menuliskan “Yang perlu diurus tak diurus. Yang tak perlu diurus malah diurus, bikin urusan baru. #Menkosaurus, Minggu (5/6).

Luhut sebelumnya mengatakan tarif untuk tiket masuk Borobudur berubah menjadi 100 dollar bagi wisatawan asing dan Rp750 ribu bagi wisatawan domestik. Perubahan itu seiring dengan pembatasan 1.200 pengunjung yang dibolehkan masuk per harinya.

“Kami juga sepakat untuk membatasi kuota turis sebanyak 1.200 orang per hari dengan biaya 100 dollar untuk wisman dan turis domestik sebesar 750 ribu rupiah. Khusus untuk pelajar, kami berikan biaya 5.000 rupiah saja,” kata Luhut sebagaimana dikutip dari akun Instagram pribadinya (@luhut.pandjaitan).

Luhut menuturkan langkah itu dilakukan demi menjaga kelestarian kekayaan sejarah dan budaya nusantara. Semua turis disebut harus menggunakan pemandu wisata atau tour guide dari warga lokal sekitar kawasan Borobudur.

Sejumlah warganet pun ramai-ramai mengomentari keputusan baru Luhut tersebut. Salah satunya bahkan menyebut tarif yang dipatok itu hampir setara dengan upah minimum regional (UMR) Yogyakarta.

“Tarif masuk Borobudur ki setengahe UMR Jogja yo,” ujar akun Twitter @si_gembira.

Sementara itu, Kemenparekraf menyatakan baru akan merilis pernyataan soal kenaikan harga tiket saat Weekly Press Briefing pada Senin (5/6).

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan