Berita  

Liverpool Kandaskan City 3-0 di Anfield

LIVERPOOL, Kabarberita.id – Liverpool memetik kemenangan telak atas Manchester City di leg pertama perempatfinal Liga Champions. Tiga gol di babak pertama mengantarkan The Reds menang 3-0.

Menjamu City di Anfield, Kamis (5/4/2018) dinihari WIB, Liverpool tampil sangat efektif di babak pertama. Dalam waktu sekitar setengah jam, mereka unggul tiga gol melalui Mohamed Salah, Alex Oxlade-Chamberlain, dan Sadio Mane.

City tampil mendominasi dan tak memberikan kesempatan kepada Liverpool untuk menyerang selama hampir sepuluh menit pertama. Namun, tim tamu tak mampu menciptakan peluang bersih.

Sebaliknya, serangan balik Liverpool pada menit ke-12 justru berbuah gol. Diawali tusukan Salah dari sisi kanan, Roberto Firmino tak bisa memanfaatkan peluang di kotak penalti ketika tembakannya ditepis oleh Ederson. Namun, kegagalan Kyle Walker membuang bola kemudian berakibat fatal. Salah menguasai bola dan sukses menceploskannya ke dalam gawang.

Leroy Sane menyia-nyiakan kesempatan untuk menyamakan kedudukan dua menit kemudian. Dalam sebuah serangan balik yang menjanjikan, Sane memilih untuk menembak sendiri meski David Silva berdiri bebas di kotak penalti. Tembakan Sane itu melenceng.

Meski City lebih banyak menguasai bola, serangan-serangan Liverpool terbukti lebih efektif. Pada menit ke-21, Liverpool memperbesar keunggulannya menjadi 2-0 melalui gol Oxlade-Chamberlain. Tembakan keras Oxlade-Chamberlain dari luar kotak penalti membuat kiper City, Ederson, tak berkutik.

Liverpool memberi pukulan berikutnya untuk City di menit ke-31. Mane membawa tim tuan rumah memimpin 3-0 setelah sundulannya meneruskan umpan lambung dari Salah menggetarkan gawang City.

Percobaan Nicolas Otamendi di injury time babak pertama tak mengubah keadaan. Tembakan jarak jauhnya masih melenceng dari gawang Liverpool.

Sampai turun minum, skor tak berubah. Liverpool masih unggul 3-0 atas City.

Pada awal babak kedua, Liverpool mendapatkan pukulan ketika Salah mengalami cedera dan tak bisa meneruskan permainan. Posisi Salah di lapangan digantikan oleh Georginio Wijnaldum.

City mendominasi total penguasaan bola di babak kedua. Namun, buruknya operan di sepertiga akhir lapangan membuat mereka kesulitan mengancam gawang Liverpool. Apalagi, Liverpool juga bertahan dengan cukup solid.

Gabriel Jesus mendapatkan peluang di menit ke-75. Penyerang muda asal Brasil itu menyambut umpan silang Raheem Sterling dengan tembakan akrobatik, tapi arah bola masih melenceng dari gawang Liverpool.

City menggempur Liverpool habis-habisan di sisa waktu. Namun, serbuan-serbuan tim tamu mentah di lini pertahanan Liverpool.

Kemenangan ini jadi modal yang sangat bagus bagi Liverpool untuk menjalani leg kedua yang akan digelar di markas City pada pekan depan. Sementara itu, City wajib menang dengan selisih minimal empat gol di Etihad Stadium untuk membalikkan keadaan.

Susunan Pemain

Liverpool: Karius; Alexander-Arnold, Lovren, Van Dijk, Robertson; Milner, Henderson, Oxlade-Chamberlain (Moreno 85′); Mane, Salah (Wijnaldum 52′), Firmino (Solanke 71′)

Manchester City: Ederson; Walker, Otamendi, Kompany, Laporte; Guendogan (Sterling 57′), Fernandinho, David Silva; De Bruyne, Gabriel Jesus, Sane. 

Tinggalkan Balasan