Lionel Messi Menyadari Penurunan Kemampuan: Refleksi Menjelang Akhir Karier

Jakarta, KabarBerita.id — Lionel Messi, bintang tim nasional Argentina, mulai membicarakan rencananya untuk pensiun dari sepak bola dengan mengenakan seragam Inter Miami. Mantan pemain Barcelona ini meninggalkan sepak bola Eropa pada musim panas tahun lalu, membuka lembaran baru dalam perjalanan kariernya.

Di klub barunya, Messi memainkan peran penting sebagai kapten Inter Miami, membantu klub tersebut bersaing untuk gelar Major League Soccer (MLS) musim ini. Kontrak pemain yang dijuluki La Pulga ini dengan klub Florida, Amerika Serikat (AS), akan berakhir pada Desember 2025. Messi mengatakan bahwa keputusan tentang masa depannya akan dibuat ketika waktunya tiba.

Messi juga akan memimpin tim nasional Argentina di Copa America 2024, yang akan berlangsung bulan ini. Meskipun sudah berusia 36 tahun, Messi tetap yakin bisa bermain di Piala Dunia FIFA 2026. Untuk mencapai tujuan ini, kemungkinan besar ia harus memperpanjang kontraknya dengan Inter Miami, mengingat Piala Dunia 2026 akan dimulai tak lama sebelum ulang tahunnya yang ke-39.

Dengan semakin mendekati akhir kariernya, Messi mengakui bahwa ia memiliki pandangan baru terhadap sepak bola dan menyatakan bahwa Inter Miami akan menjadi tujuan akhir dalam karier gemilangnya. “Inter Miami akan menjadi klub terakhir saya. Saya suka bermain sepak bola. Saya lebih menikmati segalanya karena saya sadar segalanya semakin berkurang,” kata Messi, seperti dikutip oleh ESPN.

“Perpindahan dari Eropa ke sini (Amerika Serikat) sangat sulit. Fakta bahwa saya menjadi juara dunia banyak membantu saya untuk melihat segalanya dengan cara yang berbeda,” tambahnya. “Sekarang saya bisa menikmati lebih banyak hal dan saya tahu saya semakin dekat dengan masa pensiun,” tutup mantan pemain Paris Saint-Germain ini.

Tinggalkan Balasan