Lamar Kerja via Online? Begini Tips Jitunya

KabarBerita.id, Depok – Jaman semakin canggih, orang melamar nggak perlu dateng kekantor lagi sob. Nanya ada lowongan kerja untuk bidanng kita apa nggak. Sekarang cukup kirim surat lamaran dan riwayat hidup sobat ke website perusahaan sobat kepengenin, atau melalui situs penyedia lowongan kerja seperti jobstreet dll. Dengan cara ini, proses melamar pekerjaan dapat memakan waktu yang lebih cepat dan efisien. Untuk dapat mengirimkan lamaran kerja dengan efektif melalui email, berikut beberapa hal yang harus kamu perhatikan:

1. Nama alamat email

email

Kamu harus memperhatikan bahwa nama alamat email yang kamu miliki mudah dan singkat sehingga mudah diingat. Sebaiknya, gunakan nama kamu sendiri dalam membuat alamat email. Jangan menggunakan nama yang aneh-aneh sebab bisa membuatmu tampak tidak meyakinkan di mata perusahaan.

2. Provider email

EMAIL PROVIDER

Gunakan provider email yang umum digunakan oleh banyak orang. Penggunaan provider email yang jelas akan lebih dikenal dan tampak bonafide di mata perusahaan.

3. Format file

filetype

Pastikan bahwa file yang kamu kirimkan memiliki format .doc atau.rtf. Kamu juga harus meneliti kembali bahwa isi dari file yang kamu kirimkan sudah lengkap, mencakup data diri, curriculum vitae, dan foto. Berikan nama file-file tersebut menggunakan namamu.

4. File tambahan

attach

Jika kamu memiliki postofolio atau sertifikat yang mendukung, kamu bisa turut sertakan ke dalam lamaran kerjamu tersebut. Namun, kamu harus memastikan file tersebut memiliki ukuran yang tidak terlalu besar agar mudah dibuka.

5. File yang besar

zip

Tidak menutup kemungkinan jika kamu harus mengirimkan file yang cukup banyak dalam lamaran kerjamu. Oleh karena itu, kamu bisa menggunakan format .zip untuk menyatukan file-file tersebut. Jangan lupa beri nama yang jelas supaya data-datamu mudah dikenali.

6. Berikan surat pengantar

letter

Setelah berkasmu lengkap, berilah surat pengantar berisi uraian singkat tentang alasanmu ingin bekerja di perusahaan tersebut. Dalam menguraikan hal tersebut, berikanlah alasan sewajarnya, jangan terlalu berlebihan.

Tinggalkan Balasan