Lakukan 6 Langkah Sederhana Ini untuk Cegah Gigi Berlubang

  • Bagikan

Jakarta, KabarBerita.id — Banyak yang bilang lebih baik sakit gigi daripada sakit hati, namun sejujurnya sakit gigi karena gigi berlubang benar-benar menyiksa dan membuat tidak nyaman. Sakit gigi karena gigi berlubang terasa nyeri dan ngilu bahkan bisa sebabkan sakit kepala.

Didapat dari data Riskesdas 2018, masalah gigi berlubang diderita 7 dari 10 orang Indonesia. Ketua Asosiasi Fakultas Kedokteran Gigi Indonesia (AFDOKGI), Rahardyan Parnaadji mengungkapkan orang masih menyepelekan gigi berlubang.

Rahardyan mengatakan mindset kebanyakan orang dimana gigi berlubang lebih baik dicabut harus diganti dengan mencegah gigi berlubang terjadi karena hal tersebut lebih mudah.

Berikut enam langkah sederhana untuk mencegah gigi berlubang :

1. Sikat gigi dua kali sehari di waktu yang tepat

Para ahli tidak bosan mengingatkan untuk sikat gigi dua kali sehari diwaktu yang tepat, yaitu setelah sarapan dan sebelum tidur. Hal ini dilakukan untuk membersihkan sisa makanan dan plak di rongga mulut.

Mungkin sebagian orang sudah merasa cukup sikat gigi dua kali. Namun yang sering dilupakan adalah waktunya.

Rahardyan mengatakan kebiasaan orang yang sikat gigi ketika mandi pagi akan percuma karena setelah itu akan sarapan pagi. Hal ini jika tidak dibersihkan kembali akan menyebabkan gigi berlubang.

2. Gunakan Pasta gigi dengan fluoride

Pilihan pasta gigi sangat penting untuk mencegah gigi berlubang. Banyak kelebihan yang ditawarkan pasta gigi di pasaran. Namun yang perlu jadi perhatian adalah kandungan fluoride.

Fluoride sudah terbukti dapat melapisi, memperkuat, dan memineralisasi permukaan gigi terluar.

3. Sikat gigi yang tepat

Sikat gigi yang digunakan harus tepat, yaitu kepala sikat harus pas di mulut disertai bulu sikat yang lembut sehingga tidak melukai gusi.

4. Kontrol konsumsi makanan manis

Gigi berlubang akan lebih cepat dipicu jika kita terlalu sering mengkonsumsi makanan atau minuman manis. Setelah makan atau minum manis, kita harus bersihkan mulut agar tidak ada sisa makanan dan minuman yang menempel di gigi.

5. Pakai benang gigi

Selain sikat gigi, Dental floss atau benang gigi sangat disarankan untuk membersihkan gigi. Hal ini karena sela-sela gigi yang tidak bisa dijangkau sikat gigi bisa dijangkau oleh benang gigi.

Rahardyan mengatakan dari pada sikat gigi, benang gigi lebih efektif untuk membersihkan gigi. Perpaduan keduanya bisa membuat gigi bersih maksimal.

6. Memeriksakan gigi secara rutin

Selain untuk melakukan deteksi dini terhadap lubang berukuran kecil di gigi, Pemeriksaan gigi rutin dilakukan untuk mengecek kondisi kesehatan gigi dan mulut secara menyeluruh.

Biasanya orang akan abai terhadap lubang kecil digigi karena belum terasa nyeri.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan