Kurniasih: Masyarakat Juga Bisa Berperan Wujudkan Cita-cita Nasional di Pembukaan UUD

Anggota MPR RI Dr Kurniasih Mufidayati menggelar Sosialisasi Empat Pilar MPR RI bersama Yayasan Al Hijrah Bintaro di RM Raden Bahari, Pancoran, Jakarta, Sabtu (15/9/2022).

Jakarta, KabarBerita.id — Anggota MPR RI Dr Kurniasih Mufidayati menggelar Sosialisasi Empat Pilar MPR RI bersama Yayasan Al Hijrah Bintaro di RM Raden Bahari, Pancoran, Jakarta, Sabtu (15/9/2022).

Kurniasih dalam kesempatan itu menyampaikan implementasi semangat pencapaian cita-cita nasional sebagaimana termaktub dalam pembukaan UUD Negara Republik Indonesia tahun 1945.

Kurniasih menyebut, ada empat cita-cita nasional tersebut. Pertama melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia. Kedua mencerdaskan kehidupan bangsa. Ketiga, memajukan kesejahteraan umum. Keempat, ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial.

“Sebab itu posisi memajukan kesejahteraan umum pada dasarnya adalah cita-cita nasional kita sebagai bangsa ini. Bangsa ini bukan hanya terdiri dari satu dua orang saja, tapi semua yang mencintai Indonesia wajib bersama-sama mewujudkan cita-cita nasional memajukan kesejahteraan umum,” ungkap dia.

Peran masyarakat dalam ikut memajukan kesejahteraan umum adalah memastikan keluarga masing-masing memiliki sumber pendapatan yang cukup dan memadai. Jika memungkinkan, kata Kurniasih, bersama membuka lapangan pekerjaan bagi sesama dengan mengembangkan pasar UMKM.

“Bapak ibu, UMKM kita terbukti tangguh saat menghadapi krisis sebab ini ekonomi riil di masyarakat yang berputar. Selama UMKM tangguh maka insyaAllah ekonomi kita kuat,” papar dia.

Selain itu, setelah masyarakat berusaha keras mencukupi kebutuhan ekonominya maka pemerintah memiliki kewajiban untuk melindungi ekonomi masyarakat tersebut.

“Caranya pastikan semua hal terjangkau, jadikan masyarakat itu sebagai pemilih saham bangsa ini dan mereka harus mendapatkan bagian saham itu. Masyarakat bukan pasar yang terus diperas uangnya saja. Maka ini yang harus jadi catatan,” sebut Kurniasih.

Sosialisasi Empat Pilar MPR RI adalah edukasi dan sosialisasi empat pilar MPR RI yakni UUD Negara Republik Indoneisa 1945, Pancasila, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI.

Tinggalkan Balasan