Kroasia Lolos ke Final Piala Dunia dan Singkirkan Inggris Lewat Babak Tambahan

MOSCOW, RUSSIA - JULY 11: Mario Mandzukic of Croatia celebrates after scoring his team's second goal during the 2018 FIFA World Cup Russia Semi Final match between England and Croatia at Luzhniki Stadium on July 11, 2018 in Moscow, Russia. (Photo by Dan Mullan/Getty Images)
MOSCOW, RUSSIA – JULY 11: Mario Mandzukic of Croatia celebrates after scoring his team’s second goal during the 2018 FIFA World Cup Russia Semi Final match between England and Croatia at Luzhniki Stadium on July 11, 2018 in Moscow, Russia. (Photo by Dan Mullan/Getty Images)

MOSKOW, Kabarberita.id – Kroasia ke final Piala Dunia 2018 usai menyingkirkan Inggris 2-1. Sempat berimbang 1-1 dalam 90 menit, The Blazers unggul 2-1 di extra time. Bertanding di Luzhniki Stadium, Moskow, Kamis (12/7/2018) dini hari WIB, Inggris unggul 1-0 sejak babak pertama. Kieran Trippier mencetak gol tendangan bebas di menit kelima, yang bertahan hingga jeda.

Pertandingan baru berjalan lima menit, Inggris bisa mendapat gol. Pelanggaran Modric ke Alli di depan kotak penalti membuat Inggris mendapat tendangan bebas. Trippier dengan apik mengirim bola melewati pagar betis Kroasia dan masuk ke gawang Danijel Subasic.

Inggris memimpin 1-0. Kroasia coba meresponsnya, namun cukup kesulitan menembus lini belakang lawan yang cukup disiplin. Percobaan Kroasia datang di menit ke-19. Menerima bola di tengah, Ivan Rakitic melepaskan sepakan kencang namun arahnya masih melenceng.

Peluang kembali didapat Kroasia. Ante Rebic melepaskan sepakan keras dari luar kotak penalti dalam situasi kemelut, namun bola tepat mengarah ke kiper Jordan Pickford. Hingga babak pertama berakhir, skor 1-0 tetap bertahan.

Di babak kedua, sempat berjalan alot. Kroasia yang terus menekan Inggris, cukup kesulitan membongkar kwartet Harry Maguire, John Stones, Ashley Young, dan Kyle Walker yang nyaris tak pernah meninggalkan wilayahnya. Sisi sayap Kroasia yang ditempati Ivan Perisic dan Ante Rebic pun kesulitan melakukan penetrasi lantaran disiplinnya Young dan Walker. Kroasia pun coba menekan dari tengah.

Di menit ke-65, Ivan Perisic mendapat ruang tembak yang bebas, namun sepakannya kencangnya bisa diblok Walker. Di menit ke-68, Kroasia akhirnya menyamakan kedudukan. Sebuah umpan Sime Vrsaljko ke kotak penalti bisa disambar Perisic yang masuk ke kotak penalti. Pemain Inter itu lebih dulu menyambar bola dengan kaki, meski Walker coba menyapunya dengan sundulan. Skor berubah 1-1.

Kroasia kian bersemangat menggempur Inggris. Empat menit berselang, sepakan Perisic cuma menerpa mistar, setelah memanfaatkan kemelut akibat blunder Stones.

Di menit ke-84, peluang emas didapat Mandzukic. Menerima umpan terukur MArcelo Brozovic, sepakan kencang ia lepaskan namun bisa diamankan dengan baik oleh Pickford. Hingga waktu normal habis, skor 1-1 tetap bertahan sehingga laga harus dilanjutkan ke babak tambahan.

Menit-menit awal babak tambahan, Inggris menekan Kroasia. Peluang emas didapat Inggris di menit ke-98. John Stones bisa menanduk bola sepak pojok ke tiang jauh Kroasia. Danijel Subasic sudah mati langkah, tapi Sime Vrsaljko membuat penyelamatan gemilang usai membuangnya lagi dengan sundulan.

Sementara Kroasia cuma bisa mengandalkan serangan balik. Di menit ke-105, Mario Mandzukic nyaris membobol gawang Inggris. Menyambut umpan tarik, sontekannya di mulut gawang bisa digagalkan Jordan Pickford. Skor 1-1 tetap bertahan hingga istrahat.

Di babak kedua, tekanan Kroasia membuahkan hasil. Mandzukic mencetak gol di menit ke-109. Berawal dari kemelut di daerah Inggris, sundulan Perisic ke kotak penalti bisa diteruskan Mandzukic dengan sepakan yang mengoyak gawang Pickford. Kroasia unggul 2-1 dan bertahan hingga laga tuntas.

Kroasia pun melangkah ke final pertamanya di Piala Dunia. Selanjutnya, Kroasia akan menghadapi Prancis di final Piala Dunia 2018 yang digelar di Luzhniki Stadium, Moskow, Minggu (15/7/2018).

Line Up

Kroasia: Subasic, Vrsaljko, Lovren, Vida, Strinic (Pivaric 94′), Rakitic, Brozovic, Rebic (Kramaric 101), Modric, Perisic, Mandzukic

Inggris: Pickford, Walker, Stones, Maguire, Trippier, Dele, Henderson, Lingard, Young (Rose 91′), Sterling (Rashford 74′), Kane. 

Tinggalkan Balasan