Berita  

KPU dan KPK Gelar Pemilu Run Kampanyekan Anti-Golput

Jakarta, KabarBerita.id — Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengadakan acara Pemilu Run 2019 di Parkir Timur Senayan, Jakarta, Ahad, 7 April 2019. Acara yang mengusung tema #GunakanHakPilihmu ini diikuti sekitar ribuan peserta.

Para komisioner KPU juga ikut dalam acara tersebut dan berbaur bersama peserta lari. Mereka di antaranya Ketua KPU Arief Budiman, Wahyu Setiawan, Ilham Saputra, Pramono Ubaid Tanthowi, Ilham Saputra, dan Viryan. Adapun dari unsur KPK diwakili oleh Wakil Ketua KPK Saut Situmorang.

Rute yang mereka lalui dimulai dari Pintu 7 Parkir Timur Senayan – Jalan Jenderal Sudirman – ke arah Jembatan Semanggi – putar balik – Jalan Jenderal Sudirman – ke arah Patung Pemuda Senayan – putar balik – Jalan Jenderal Sudirman – dan berakhir di Pintu 7 GBK kembali.

Arief mengatakan tujuan diselenggarakan acara ini salah satunya sosialisasi mengenai tanggal pemungutan suara. “Kebetulan untuk Pemilu Run selain mensosialisasikan pemilunya tanggal pemungutan suara, kita juga bekerja sama dengan KPK pilih yang jujur. Mudah-mudahan masyarakat paham menggunakan hak pilihnya dan harus memilih siapa,” kata Arief.

Saut yang juga ikut serta dalam acara itu mengatakan bahwa Pemilu Run merupakan bentuk kerja sama KPU dan KPK untuk politik cerdas dan berintegritas. Apalagi, kata Saut, indeks persepsi korupsi Indonesia masih rendah. Padahal, indeks persepsi korupsi sangat ditentukan perilaku masyarakat berdemokrasi.

“Oleh karena itu kita dorong dengan segala cara untuk melaksanakan pemilu yang adil, jujur, bebas, langsung, umum, dan rahasia. Dan tagline kita adalah pilih yang jujur,” ujar Saut.

Tinggalkan Balasan