KPK: Hakim Pasti Putuskan Peneror Novel Baswedan Sesuai Fakta

Pelaku penyiraman air keras ke Penyidik KPK Novel Baswedan dibawa petugas untuk dipindahkan ke Bareskrim Mabes Polri di Polda Metro Jaya, Jakarta, Sabtu (28/12/2019). Foto: Dok Antara

Jakarta, KabarBerita.id РWakil Ketua KPK Nawawi Pomolango yakin bahwa majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Utara yang akan memutus perkara dua terdakwa penyiram air keras terhadap Novel Baswedan, Ronny Bugis dan Rahmat Kadir akan bersikap bijaksana.

Diketahui, kedua terdakwa itu rencananya akan disidangkan di Pengadilan Negeri Jakarta Utara, Kamis (16/7/2020) hari ini.

“Saya tetap percaya majelis hakim akan memutuskan perkara ini sesuai dengan fakta-fakta  yuridis yang diperoleh dalam prsidangan,” ujar Nawawi dihubungi awak media, Kamis (16/7/2020).

Novel Baswedan sendiri merupakan aparat negara yang dalam kasus ini menjadi korban penyiraman air keras. Nawawi pun berharap hakim juga dapat memberikan putusan yang maksimal dan menyandingkannya dengan rasa keadilan masyarakat.

Sebelumnya, Jaksa Penuntut Umum (JPU) menuntut terdakwa Rahmat Kadir Mahulette dan Ronny Bugis hanya satu tahun penjara. Dua anggota Brimob Polri itu dinilai terbukti bersalah secara bersama-sama melakukan tindak pidana penganiayaan berat sebagaimana Pasal 353 ayat (2) KUHP Jo Pasal 55 ayat (1).

Tuntutan tersebut menuai kritik dari sejumlah masyarakat. Pasalnya, hukuman tersebut dinilai tidak adil. Namun, JPU berdalih bahwa pertimbangan pihaknya menuntut kedua terdakwa hanya satu tahun lantaran berdasar fakta persidangan.

Mereka berdalih bahwa kedua terdakwa tidak terbukti memiliki niat atau adanya unsur kesengajaan untuk melukai Novel sebagaimana yang tertera dalam Pasal 355 KUHP.(BPP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here