KPK Dalami Peran Pengacara DPP Goolkar dalam Kasus KTP -el

  • Bagikan

Jakarta, KabarBerita.id — KPK mendalami peran pengacara sekaligus Ketua Bidang Hukum Partai Golkar Rudy Alfonso dalam perkara dugaan merintangi proses penyidikan, persidangan, dan memberikan keterangan tidak benar pada persidangan kasus KTP-E untuk tersangka Anggota DPR Markus Nari.

“Sebetulnya menyangkut Rudy, Markus Nari kemudian Miryam karena Rudy Alfonso itu adalah ketua bidang hukum di bawah kordinator bidang politik, hukum dan keamanan. Makanya mereka cuma tanya saya bagaimana mekanisme organisasi, apa yang saya pahami tentang masalah-masalah ada di dalam bidang hukum di partai. Jadi lebih pada masalah itu saja,” kata mantan Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Partai Golkar Yorrys Raweyai di gedung KPK Jakarta, Selasa (31/10).

Yorrys juga mengaku tidak tahu mengenai komunikasi yang dilakukan antara Rudy Alfonso dan Markus Nari terkait penyidikan KPK dalam kasus korupsi KTP-Elektronik.

“Mana saya tahu, kan tidak semuanya harus tahu tentang semua itu. Tadi ditanyakan juga mengenai grup advokat DPP Golkar, kurang lebih gitu. Saya katakan saya tidak pernah pahami itu,” ungkap Yorrys.

Ia mengaku juga ditanya mengenai sejumlah pertemuan yang diinisiasi oleh Markus Nari untuk membuat skenario dalam penyidikan KTP-E.

“Dia (penyidik) tanya saya tahu tentang skenario adanya pertemuan-pertemuan, penarikan BAP, terus pencabutan BAP Miryam, wah saya tidak tahu, kalau saya tahu saya bilang tahu dong,” ungkap Yorrys.

Namun Yorrys mengakui bahwa Rudy Alfonso adalah Ketua Bidang Hukum dan Mahkamah Partai sekaligus advokat yang menangani sejumlah kasus hukum terkait Golkar, termasuk untuk Ketua Umum Golkar Setya Novanto.

“Saya katakan dia (Rudy) memang ketua bidang hukum dan mahkamah partai dan ada pengaturan pengacara sendiri yang sejak lama selalu menangani masalah-masalah advokasi partai Golkar dan sebagai teman yang cukup baik dengan ketua saya hampir semua kasus-kasus ketum dan kader-kader di daerah ditangani oleh bidang hukum. Hubungan persahabatan dan pekerjaan antara Rudy dan ketum juga bukan baru, artinya sudah lama,” tambah Yorrys.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan