Kota Sukabumi Raih Penghargaan Kota Toleran Se-Indonesia Peringkat Ke-6

Sukabumi, KabarBerita.id — Kota Sukabumi menorehkan prestasi terbaik dengan meraih penghargaan peringkat ke enam se-Indonesia dalam Indeks Kota Toleran tahun 2022 yang digelar Setara Istitute.

Penghargaan Indeks Kota Toleran langsung diterima Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi dalam acara launching dan penghargaan Indeks Kota Toleran 2022 yang di gelar di Candi Singasari Ballroom Hotel Sahid Jakarta, Kamis (6/4/2023). Kegiatan yang dilaksanakan Setara Institute For Democracy and Peace tersebut sekaligus pemberian penghargaan kepada 10 Kota yang masuk peringkat toleransi terbaik dari 94 kota se-Indonesia salah satunya Kota Sukabumi yang masuk ke 6 Besar Sebagai Kota Toleran Indek Kota Toleran (IKT).

Pemberian penghargaan tersebut sebagai bentuk aspirasi dan Promosi terkait kampanye toleransi di Indonesia. Dalam momen ini hadir Staf Ahli Menteri Dalam Negeri Laode Ahmad dan 10 orang kepala daerah atau perwakilannya yang meraih penghargaan.

” Alhamdulillah Kota Sukabumi masuk 10 besar Indeks Kota Toleran 2022 dan menempati peringkat ke-6 se-Indonesia,” ujar Wali Kota Sukabumi, Achmad Fahmi. Pencapaian ini meningkat dibandingkan Indeks Kota Toleran 2021 yang menempati peringkat ke-12. 

Fahmi menerangkan, ia ingat benar dalam bahasa agama Islam negara memiliki dua tanggungjawab kenapa negara itu berdiri. Pertama bagaimana negara hadir dalam kerangka memberikan rasa aman dan nyaman untuk para pemeluk agama.

” Dan ini yang kita buktikan sampai dengan saat ini,” kata Fahmi. Intinya ia ingin tempat dimana memimpin memberikan rasa aman dan nyaman bagi para pemeluk agama.

Kedua negara hadir memakmurkan dengan berbagai potensi baik pendidikan, ekonomi dan lain sebagainya. ” Kami Kota Sukabumi ucapkan terimakasih kepada Setara Institute dua tahun lalu peringkat ke-9, tahun kemarin peringkat 12, dan kini masuk peringkat 6,” ungkap dia. 

Mudah-mudahan terang Fahmi, meskipun bukan tujuan utama meraih prestasi namun meyakini benar apa yang dilakukan penghargaan berbagai pihak akan mengikuti langkah yang telah dilakukan. ” Selamat berkarya, selamat berprestasi menunjukkan kehadiran kita untuk menghadirkan keberagamaan yang baik di antara warga masyarakat,” kata wali kota.

Staf Ahli Menteri Dalam Negeri Laode Ahmad dalam sambutannya menyampaikan pemerintah terus mendorong pemerintah daerah dalam menjaga multi kultularisme dan sangat mengapresiasi pemerintah daerah yang sudah menjaga toleransi di daerahnya. 

Hasil pengukuran yang telah dilakukan Setara Institute juga akan mampu mempromosikan praktek-praktek dalam merawat toleransi di daerahnya termasuk Indonesia. 

Berikut daftar 10 kota paling toleran di Indonesia yakni Singkawang, Salatiga, Bekasi, Surakarta, Kediri, Sukabumi, Semarang, Manado, Kupang, dan Magelang. Di mana, dalam laporan Setara Institute menyebutkan terdapat 10 kota di Indonesia dengan skor toleransi tertinggi dan Kota Sukabumi salah satu diantaranya dengan skor tertinggi yakni 5.810.

Tinggalkan Balasan