Konsumsi Nasi Tiap Hari, Apakah Aman bagi Kesehatan?

  • Bagikan
Nasi

Jakarta, KabarBerita.id — Di Indonesia dan di beberapa negara lain Asia nasi merupakan makanan pokok yang hampir setiap harinya dikonsumsi. Biasanya masyarakat Indonesia mengonsumsi nasi hampir tiga kali dalam sehari dengan ditambah berbagai macam lauk. Baiknya kita mencari tahu
apakah konsumsi nasi setiap hari aman bagi kesehatan.

Dengan melalui proses penyulingan nasi berasal dari beras gandum utuh. Proses tersebut membuat kurangnya nutrisi yang dimiliki dibanding saat masih berbentuk biji-bijian utuh. Untungnya kita masih bisa mendapat manfaat berupa vitamin dan nutrisi dari nasi putih.

Menurut Health Digest, nasi termasuk dalam karbohidrat yang dianggap penting bagi tubuh yang menyediakan bahan bakar. Akan tetapi apabila kita konsumsi nasi secara berlebihan maka akan mengakibatkan adanya resiko tingginya kolesterol, tingginya tekanan darah, serta diabetes tipe 2.

Sebagai upaya mencegah dampak negatif dari konsumsi nasi setiap harinya kita disarankan untuk mengonsumsi beras dengan jenis lain seperti beras merah. Menurut ahli, beras merah lebih banyak mengandung manfaat dibanding beras putih.

Proses produksi beras merah dilakukan dengan tanpa pembuangan kulit. Hal tersebut membuatnya sebagai salah satu jenis beras yang paling bernutrisi. Dalam beras merah terkandung lebih banyak serat dan vitamin dibanding beras putih.

Selain beras merah Kita juga bisa mengkonsumsi jenis beras lain seperti beras hitam. Para ahli menemukan dalam beras hitam terkandung flavonoid yang bersifat antioksidan.

Oleh karena itu bagi masyarakat yang menjadikan nasi sebagai makanan pokok seperti di Indonesia, disarankan untuk mencoba berbagai jenis nasi agar tetap menjaga kesehatan.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan