Klopp Dukung Salah Pecahkan Rekor Gol

  • Bagikan

REPUBLIKA— Pelatih Liverpool Juergen Klopp memuji penampilan Mohamed Salah pada awal musim ini. Dia mengatakan sang pemain dapat memecahkan rekor gol kalau ia dapat mempertahankan start gemilangnya.

Salah, yang didatangkan dengan transfer senilai 34 juta pound dari AS Roma pada awal musim, mencetak dua gol ketika Liverpool menang 3-0 ats Southampton di Liga Inggris pada Sabtu (18/11). Ia telah mencetak 14 gol dari 18 pertandingan di semua kompetisi sejauh ini, sembilan di antaranya dibukukan di Liga Inggris.

Belum pernah ada pemain yang mencetak lebih dari 34 gol di Liga Inggris dalam semusim. Alan Shearer (Blackburn Rovers) dan Andy Cole (Newcastle United) mencatatkan angka-angka itu pada 1990-an.

Pemain Tottenham Hotspur Harry Kane merupakan pencetak gol terbanyak musim lalu dengan 29 gol. “Jika (Salah) meneruskan catatan ini ia akan mengakhiri musim dengan sesuatu yang seperti 70 gol yang tidak mustahil,” kata Klopp.

Klopp menyebut laju tiga kemenangan beruntun timnya di liga sebagai “periode Mo Salah.” Ia mengatakan pesepak bola asal Mesir itu jauh lebih kuat pada masa kerja keduanya di Inggris.

Salah pernah membela juara bertahan Chelsea dua setengah tahun silam. Kala itu, dia menunjukkan produktivitas selama enam bulan di Inggris.

“Secara fisik, ia sangat bugar,” kata Klopp. “Semua pemain lain menyukai dia dari hari pertama meski ia belum bermain. Mereka mengetahui bahwa mereka memiliki pemain yang benar-benar bagus di dalam skuat.”

“Ia juga penting bahkan ketika ia tidak mencetak gol karena ia memperluas formasi. Kecepatan para pemain berarti garis (bek) terakhir turun — tidak ada reaksi lain.”

“Kecepatan para pemain bukan hanya untuk serangan balik. Terkadang itu tidak mungkin. Ini mengenai memperluas formasi dan menciptakan ruang untuk sisanya.”

Liverpool akan berhadapan dengan Sevilla di Liga Champions pada Selasa (21/11) waktu seempat dan dapat lolos ke fase gugur dengan satu pertandingan tersisa. Mereka akan menjamu tim peringkat ketiga Chelsea di liga pada Sabtu.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan