Ketua Majelis Syura PKS Minta Kepala Daerah Layani Orang Miskin

Jakarta, KabarBerita.id — Ketua Majelis Syura PKS Habib Salim Segaf Al Jufri memberikan arahan dalam penutupan Silaturahim Nasional Kepemimpinan Daerah di Jakarta, Sabtu (20/3/2021) sore.

Habib Salim Segaf Al Jufri berpesan agar kepala daerah dari PKS harus memperhatikan tiga hal dalam kepemimpinan. Menteri Sosial pada Kabinet Indonesia Jilid II ini menekankan transparansi, inovasi dan adil. Habib Salim Segaf menegaskan jika pengelolaan anggaran di daerah wajib dikelola secara jujur dan transparan.

“Kelola dengan hati-hati, harus jujur dan amanat mengelola anggaran rakyat. Jangan main-main,” papar Habib Salim Segaf.

Habib Salim juga meminta agar kepala daerah melakukan inovasi dalam pengelolaan pemerintahannya. Jalannya pemerintahan yang inovatif berorientasi pada kemudahan masyarakat dalam mendapatkan pelayanan.

“Mudahkan masyarakat dalam memberikan layanan. Dulu saat di Kementerian Sosial kita buka layanan satu atap. Semua persoalan pendidikan, kemiskinan dan sosial semuanya ada disitu. Mudahkan masyarakat,” tutur dia.

Terakhir, Habib Salim Segaf mengingatkan soal melaksanakan kepemimpinan yang adil. Habib Salim Segaf mengibaratkan pemimpin daerah adalah seorang bapak dan rakyatnya adalah sang anak.

“Tidak mungkin seorang bapak mau mencelakaan anaknya. Tidak mungkin berbuat zalim, tidak mungkin rakyat diperlakukan begitu,” tutur dia.

Habib Salim secara khusus meminta agar pemimpin daerah lebih banyak mendengarkan kaum miskin dan menolong mereka.

“Sebulan sekali kumpulkan dan hadirkan orang miskin. Dengarkan uneg-uneg mereka langsung tanpa perantara. Kapan lagi orang-orang miskin bisa hadir dan menyampaikan aspirasi langsung kepada pemimpin jika tidak diberi kesempatan?” ungkapnya.

Presiden Partai Keadilan Sejahtera, Ahmad Syaikhu menambahkan agar kepala daerah dari PKS menggunakan kekuasaan untuk kebaikan.

“Bagaimana jika mempunyai kekuasaan dimanfaatkan untuk salurkan kebaikan, dirasakan oleh banyak orang, sehingga kesempatan itu semakin besar untuk meraih surgaNya Allah, ” ujar Syaikhu

Ahmad Syaikhu juga menekankan pentingnya sinergi antara kepala daerah dalam mengembangkan daerahnya masing-masing. “Tentu untuk mewujudkan sinergi diantara kita, barangkali ada satu daerah yang kekurangan, dengan bersinergi dengan wilayah lain terjadi sinergi yang saling menguntungkan,” ungkap Syaikhu.

“Komunikasi dibuka antar kepala daerah, dari komunikasi ini bisa membuka sumbatan sumbatan permasalaysi setiap daerah,” ujarnya.

Silaturahim Nasional Kepemimpinan Daerah PKS dihadiri oleh gubernur, walikota/wakilwalikota, bupati/wakil bupati kader PKS. Pada acara ini kepala daerah dibekali pemahaman antikorupsi oleh Ketua KPK Firli Bahuri, keuangan daerah oleh Ketua BPK Agung Firman Sampurna dan Situasi Ekonomi Nasional oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani.

Tinggalkan Balasan