Kesulitan Diet, Berikut 3 Cara Diet yang Mudah dan Menyenangkan

  • Bagikan

Jakarta, KabarBerita.id — Saat sedang program diet, tentu akan banyak pantangan yang akan dihadapi. Pantangan ini seringkali membuat orang menyerah dan putus asa.

Sebenarnya banyak cara yang dilakukan untuk diet tanpa menyiksa diri. Seperti melansir Healthline, diet bisa dilakukan dari cara yang sederhana, berikut diantaranya:

1. Mengurangi karbohidrat

Langkah sederhana yang bisa dilakukan adalah secara bertahap mengurangi asupan tinggi karbohidrat. Hal itu dilakukan agar cadangan energi yang tersimpan bisa dibakar oleh tubuh. Metode ini sangat efektif untuk mengurangi berat badan.

Sebagai contoh, jika terbiasa memakan nasi putih porsi penuh, cobalah dikurangi menjadi setengahnya. Jika sudah bisa, dapat dilanjutkan dengan mengganti nasi merah.

2. Perbanyak asupan serat dan protein

Salah satu cara diet dengan menyenangkan adalah memperbanyak asupan protein dan serat. Hal ini karena makanan tinggi protein dapat meningkatkan kerja metabolisme tubuh dalam menguatkan massa otot, mengurangi nafsu makan dan membakar lemak.

Sedangkan makanan tinggi serat bisa mencegah konstipasi, memaksimalkan penyerapan nutrisi, mengontrol gula darah dan memberikan efek kenyang lebih lama.

3. Aktif bergerak

Jika makanan sudah diperbaiki, langkah selanjutnya yaitu menggerakkan tubuh secara aktif. Gerakan tubuh bisa dilakukan dengan sederhana seperi bersepeda, berjalan santai, berkebun, mengerjakan pekerjaan rumah atau naik turun tangga.

Jika ada waktu, sempatkan olahraga mulai dari olahraga ringan seperti jogging, menari, aerobik, hingga latihan HIIT yang lebih berat.

Yang harus diperhatikan adalah pola diet sehat tidak hanya berpusat pada berat badan yang turun secara signifikan, tapi juga memiliki manfaat menjaga kesehatan.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan