Keren, Tim Indonesia Sabet 20 Medali di Olimpiade Matematika Internasional

  • Bagikan

Jakarta, KabarBerita.id — Tim olimpiade Indonesia yang terdiri atas siswa Sekolah Menengah Pertama berhasil meraih 20 medali dalam Olimpiade Matematika Internasional tingkat remaja atau “International Teenagers Mathematics Olympiad” di Davao, Filipina, 8-12 November 2017.

“Alhamdulillah Indonesia berhasil meraih 20 medali dalam olimpiade ini,” ujar Direktur Pembinaan Sekolah Menengah Pertama (SMP) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Supriano di Jakarta, Senin (13/11).

Medali yang diperoleh terdiri atas dua kategori lomba, yakni lomba individual dan tim. Pada lomba individual, Indonesia memperoleh dua emas, empat perak dan dua perunggu.

Sedangkan pada lomba tim menyabet satu medali emas dan satu perak. Sementara pada lomba grup menyabet satu medali emas dan satu perak.

“Sebuah prestasi yang luar biasa diraih oleh Tim A, Direktorat Pembinaan SMP adalah mendapatkan penghargaan ‘2nd Runner Up Best Over All’ (peringkat ke-3 dari total 43 tim tingkat SMP),” katanya.

Prestasi luar biasa juga ditorehkan oleh salah satu siswa, yaitu Justin Adrian Halim pada lomba individu berhasil mendapatkan nilai penuh.

Kompetisi itu, kata Supriano, menjadi cetak prestasi yang luar biasa bagi siswa SMP di kancah Internasional. “International Teenagers Mathematics Olympiad” (ITMO) merupakan kompetisi dua tahunan yang bergengsi di tingkat internasional karena tingkat kesulitan soalnya yang tinggi yang membutuhkan penalaran yang kuat dalam pemecahan soalnya.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan