Kenali Warna Urine Pada Penderita Diabetes

Jakarta, KabarBerita.id — Diabetes salah satunya dapat ditandai dengan perubahan warna urine. Lalu apa warna kencing penderita Diabetes?

diabetes adalah salah satu penyakit kronis yang menghantui banyak orang. Organisasi kesehatan dunia atau who telah mencatat sekitar 422 juta orang di seluruh dunia yang menderita diabetes.

Sementara riset kesehatan dasar di Indonesia pada tahun 2018 menemukan Prevalensi Diabetes militus meningkat sebanyak 8,5% dari sebelumnya yakni 6,9% pada tahun 2013. Angka ini diprediksi terus meningkat.

Diabetes sendiri merupakan penyakit kronis yang ditandai dengan peningkatan kadar gula dalam darah. Seiring waktu kondisi ini bisa menyebabkan kerusakan serius pada jantung, ginjal, saraf, pembuluh darah dan mata.

sejumlah gejala yang dialami tubuh dapat menandai diabetes salah satunya dapat dilihat dari warna urine.

Dilansir Healthline warna kencing pada penderita Diabetes biasanya terlihat dari air urine yang keruh. Selain warna yang terukur ini juga mungkin akan berbau amis atau seperti buah.

Warna yang cenderung keruh ini disebabkan oleh adanya penumpukan gula dalam urine. Sebagaimana diketahui ke ginjal akan menyaring kelebihan gula dalam darah yang kemudian akan dieksresikan dalam urine.

Bagi sebagian orang kondisi ini dapat menjadi gejala awal diabetes. Maka dari itu Anda disarankan segera memeriksakan diri apabila melihat warna urine yang tiba tiba menjadi keruh.

Selain penumpukan gula, penyakit ginjal kronis dapat membuat warna urine menjadi keruh. Diabetes sendiri diketahui dapat merusak ginjal.

Ke ruhnya urine juga bisa disebabkan oleh infeksi saluran kemih atau ISK. SK sendiri lebih sering dialami oleh orang dengan diabetes. Karenanya kadar gula darah yang tinggi dapat mempersulit tubuh melawan infeksi.

Selain sebagai warna kencing penderita diabetes, urine yang keruh juga bisa dipicu oleh beberapa kondisi lain misalnya seperti dehidrasi, ISK, batu ginjal, penyakit menular seksual atau jenis dia tertentu.

Tinggalkan Balasan