Kenali Sepsis yang Dialami Chiko Jerikho, Dokter Jelaskan Penyebabnya

  • Bagikan

Jakarta, KabarBerita.id — Beberapa waktu lalu artis Chicco Jerikho sempat dikabarkan mengalami sepsis hingga harus dirawat di ruang High Care Unit (HCU) karena sudah dalam kondisi kritis.

Vito Damay, Dokter spesialis penyakit jantung dan pembuluh darah menuturkan bahwa sepsis merupakan kondisi dimana terdapat infeksi bakteri yang tergolong berat yang bisa terjadi pada semua orang. Kondisi tersebut tak hanya menyerang 1 organ melainkan seluruh organ dalam tubuh bisa ikut terserang.

Vito menuturkan bahwa sepsis merupakan manifestasi infeksi berat yang mana dia akan memasuki fase kritis hingga harus mendapatkan perawatan secara intensif demi mencegah terjadinya gagal organ yang dapat berujung pada kematian.

Menurut Vito sepsis merupakan kondisi dimana terjadi infeksi bakteri, jadi bukan merupakan suatu penyakit. Berbagai bakteri jahat dapat mengakibatkan sepsis pun juga bisa dari virus maupun jamur.

Seringkali sepsis menyerang pada tubuh yang sedang kurang fit atau kekebalan tubuhnya menurun. Orang yang mengidap penyakit seperti HIV, diabetes, autoimun, serta segala penyakit yang menyebabkan imun turun dapat beresiko tinggi terkena sepsis apabila tubuhnya terpapar bakteri.

Oleh sebab itu bagi mereka yang memiliki kekebalan tubuh yang rendah ketika terjadi infeksi harus segera diatasi pun saat mengalami batuk atau flu ringan.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan