Kenali Penyakit Adenomiosis, Sampai Harus Transfusi Darah

Jakarta, KabarBerita.id — Selebriti Melaney Ricardo diketahui harus terpaksa menjalani operasi pengangkatan rahim karena adenomiosis yang dideritanya.
Adenomiosis adalah kelainan kandungan yang disebabkan oleh adanya sel Endometriosis yang masuk ke otot rahim.

Dokter spesialis Obstetri dan Ginekologi, Aleksander Mukti mengatakan, Istilah lainnya adenomiosis menyebabkan pembesaran pada rahim.

Penyakit ini disebabkan oleh endometriosis yang merupakan kondisi saat terakhir yang harusnya dilarikan ke vagina bawah namun justru lari ke atas alias Reflux. Lagi batnya darah keluar dan terjebak di dinding perut.

Penyakit ini rentan dialami oleh wanita pada usia tertentu yakni menyerang usia 30 tahun ke atas.

Pada wanita yang berusia awal tiga puluhan, adenomiosis umumnya akan mengeluhkan nyeri haid yang parah dan sulit untuk hamil.

Sementara pada usia 40 tahunan biasanya mengeluhkan mulai dari haid yang semakin lama dan nyeri serta perasaan mengganjal di perut.

Pada usia lima puluhan penderita umumnya merasakan pendarahan yang hebat yang membutuhkan banyak pembalut ketika sedang haid.

Apabila sudah mengalami tahap di atas maka pasien umumnya akan merasa lemas. Tidak jarang ada pasien yang harus melakukan transfusi darah setiap kali menstruasi.

Adenomiosis umumnya tidak menimbulkan gejala namun hanya memunculkan rasa tidak nyaman.
Akan tetapi dalam beberapa kasus kondisi ini dapat menimbulkan gejala seperti pendarahan menstruasi yang berat dan lama, Keram perut dan nyeri Panggul, nyeri Panggul kronis dan terasa sakit ketika berhubungan seks.

Tinggalkan Balasan