Kenali Arti Warna Lendir di Tenggorokan

Jakarta, KabarBerita.id — Lendir di tenggorokan atau yang disebut dengan dahak diproduksi oleh tubuh untuk melindungi jaringan sensitif di saluran pernapasan.

Perubahan warna, kekentalan, atau jumlah dahak dapat mengindikasikan adanya masalah kesehatan.

Dahak yang normal pada umumnya berwarna bening dan memiliki tekstur yang cair. Ketika seseorang terserang flu atau infeksi, dahak bisa menjadi tebal dan berubah warna. Penyebab mendasar lainnya juga dapat memengaruhi warna dahak.

Melansir berbagai sumber, berikut beragam warna lendir di tenggorokan atau dahak serta kondisi kesehatan yang dibawanya.

Arti beragam warna lendir di tenggorokan bagi kesehatan
Warna dahak rupanya dapat memberikan informasi berguna mengenai apa yang mungkin terjadi dengan paru-paru dan organ lainnya dari sistem pernapasan.

1. Bening
Tubuh menghasilkan lendir dan dahak bening setiap harinya. Dahak ini sebagian besar berisi air, protein, antibodi, dan beberapa garam terlarut untuk membantu melumasi dan melembabkan sistem pernapasan.

Peningkatan jumlah dahak bening mungkin berarti tubuh sedang mencoba mengeluarkan iritasi, seperti serbuk sari, atau beberapa jenis virus lainnya. Dahak bening berlebih bisa mengindikasikan Anda mengalami alergi rhinitis, virus bronkitis dan virus pneumonia.

2. Hitam dan cokelat
Dahak berwarna kecokelatan dapat mengindikasikan kemungkinan perdarahan. Meskipun kemungkinan besar karena pendarahan yang terjadi beberapa waktu lalu, hal itu juga bisa menandakan adanya infeksi kronis seperti bronkitis. Orang yang merokok mungkin juga memiliki dahak berwarna cokelat.

Dahak berwarna hitam mungkin mengindikasikan adanya infeksi jamur, riwayat merokok, atau zat lain yang dihirup seseorang secara teratur. Seseorang yang memiliki dahak hitam harus segera menghubungi dokter, terutama jika mereka memiliki sistem kekebalan yang lemah.

3. Putih
Dahak berwarna putih menandakan hidung sedang tersumbat. Ketika rongga hidung tersumbat, jaringan membengkak dan meradang sehingga memperlambat aliran dahak melalui saluran pernapasan. Ketika ini terjadi, dahak menjadi lebih kental dan keruh atau memutih.

Arti warna dahak putih juga menunjukkan kondisi kesehatan tertentu.

Umumnya kondisi ini disebabkan oleh virus bronkitis. Kondisi GERD yang biasa terjadi pada pencernaan juga dapat memicu dahak berwarna putih kental. Penyakit paru obstruktif kronik dan gagal jantung kongestif juga dapat ditandai dengan munculnya dahak berwarna putih.

Tinggalkan Balasan