Kenali 3 Episode Gangguan Bipolar, Tak Hanya Depresi dan Manik

  • Bagikan

Jakarta, KabarBerita.id — Setelah sempat dikabarkan menghilang di Los angeles, Amerika Serikat artis Marshanda saat ini sudah kembali ditemukan.

Dura besar republik Indonesia untuk amerika serikat, Rosan Roeslaeni mengatakan Melalui pesan singkat yakni Marshanda sudah ditemukan dan saat ini dalam pengawasan KJRI LA untuk dipulangkan ke Indonesia atas permintaan keluarga.

Sebelumnya artis yang akrab disapa Chaca ini dilaporkan menghilang oleh temannya dalam kondisi episode manik.

Marshanda terbuka mengenai kondisi kesehatan mentalnya ia didiagnosis mengalami gangguan bipolar sejak lama.

Dikutip Mayo Clinic, gangguan bipolar adalah kondisi kesehatan mental yang mengakibatkan perubahan suasana hati yang ekstrim mencakup emosi tinggi dan emosi rendah.

Perubahan suasana hati ini berbeda dengan moody. Perubahan suasana hati ini dapat berlangsung tiba tiba dan bisa berlangsung dalam periode yang lama.

Berikut tiga episode dalam gangguan bipolar.

Episode Mania

Merupakan periode kebahagian ekstrim yang biasanya ditandai dengan perilaku implusif serta peningkatan energi. Seorang dengan gangguan bipolar seperti ini akan mengalami gejala seperti bicara sangat cepat sampai mengganggu orang lain, sulit fokus pada satu hal, bersenang-senang sepanjang waktu, terlibat aktivitas seks yang membahayakan serta kepercayaan diri yang berlebihan.

Eepisode HipoMania

Gejalanya mirip dengan episode Mania yang membedakan adalah gejala episode ini tidak sampai menimbulkan masalah dalam kehidupan sehari-hari termasuk dalam relasi sosial dan pekerjaan.

Episode depresi

Episode depresi bisa cukup berat sehingga mengganggu aktivitas sehingga relasi dengan rekan kerja, pasangan maupun keluarga.

Ada sejumlah gejala yang muncul pada episode ini diantaranya suasana hati seperti merasa sedih, kehilangan harapan, kehilangan minat, penurunan berat badan meskipun tidak diet, insomnia, susah berfikir dan timbul pikiran untuk bunuh diri.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan