Berita  

Kemensos Salurkan Rp 345 Juta Santunan Korban Bom Surabaya

Jakarta, KabarBerita.id — Kementerian Sosial menyalurkan santuan tahap pertama kepada korban ledakan bom di Surabaya dan Sidoarjo, Jawa Timur sebesar Rp345 juta.

“Santunan tahap pertama diberikan kepada korban yang telah teridentifikasi dan sudah pulang ke rumahnya,” kata Direktur Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial Kementerian Sosial Harry Hikmat dalam keterangannya yang diterima di Jakarta, Jumat.

Santunan diberikan kepada 13 orang meninggal dan 30 orang luka-luka akibat ledakan yang terjadi di tiga gereja di Surabaya dan rumah susun Sidoarjo pada Minggu (13/5).

Pada hari berikutnya, yakni Senin (14/5) terjadi ledakan bom di depan Mapolrestabes Surabaya.

Berdasarkan Peraturan Menteri Sosial Nomor 4 Tahun 2015 tentang Bantuan Langsung Berupa Uang Tunai Bagi Korban Bencana, maka kepada ahli waris korban meninggal diberikan santunan Rp15 juta. Untuk korban luka-luka santunan maksimal Rp5 juta.

Harry mengatakan sesuai dengan instruksi Menteri Sosial, bantuan serupa nantinya juga diberikan bagi anak-anak terduga teroris.

“Kemensos telah berkoordinasi dengan beberapa kementerian yang ada, bahwa kami harus memikirkan bagaimana kelangsungan hidup mereka, sekolahannya wajib diperhatikan,” katanya.

Bantuan diserahkan Direktur Perlindungan Sosial Korban Bencana Sosial Kemensos RI Nurul Farijati secara langsung kepada para ahli waris, di antaranya keluarga Bayu Rendra, relawan gereja yang menjadi korban ledakan.

“Keluarga dan anak-anaknya korban seperti Bayu, semua akan diperhatikan. Sebab, Bapak Presiden minta adanya penanggulangan bencana sosial termasuk anak teroris tidak boleh berhenti sekolahnya,” katanya.

Tinggalkan Balasan