Berita  

Kemenlu Pastikan Tidak Ada WNI Korban Pesawat Jatuh di Pakistan

Jakarta, KabarBerita.id — Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia menyatakan tidak ada warga Indonesia (WNI) yang menjadi korban dalam peristiwa kecelakaan pesawat Pakistan International Airlines (PIA) di Karachi, Pakistan, pada Jumat (22/5) kemarin.

“Berdasarkan passenger list, tidak terdapat penumpang WNI,” tulis Direktur Perlindungan WNI dan Badan Hukum Indonesia Kemenlu RI, Judha Nugraha, Sabtu (23/5).

Pesawat Airbus A320 yang mengangkut 99 penumpang dan 8 awak dengan nomor penerbangan PK8303 itu terbang dari Lahore. Dilaporkan pesawat jatuh ketika hendak mendarat di Karachi.

Menurut laporan, pilot sempat menyampaikan pesan darurat kepada petugas menara lalu-lintas udara dan tidak lama kemudian hilang dari pantauan radar. Diduga terjadi kerusakan mesin ketika hendak mendarat.

Pesawat itu lantas jatuh di kawasan pemukiman padat penduduk Model Valley, Karachi. Sampai saat ini proses evakuasi masih dilakukan.

Petugas menyatakan mereka menemukan 57 jasad dan dua penumpang selamat di lokasi kejadian.Saksi mengatakan melihat pesawat tersebut berputar-putar tiga kali di udara sebelum jatuh.

Kecelakaan ini menjadi yang kedua untuk maskapai nasional Pakistan dalam kurun waktu kurang dari empat tahun.

Kepala maskapai tersebut mengundurkan diri pada akhir 2016, kurang dari sepekan setelah jatuhnya pesawat ATR-42 yang menewaskan 47 orang.

Tinggalkan Balasan