Kemenlu Belum Dapat Akses Penangkapan Dua Mahasiswa di Mesir

  • Bagikan

Jakarta, KabarBerita.id — Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan hingga saat ini pihaknya belum mendapat akses kekonsuleran dari otoritas Mesir atas penangkapan dua mahasiswa Indonesia di Kota Samanud.

“Mengenai kondisi dua mahasiswa kita yang ditangkap oleh otoritas Mesir di kota Samanud, sampai sekarang kita memang belum mendapatkan akses kekonsuleran dari otoritas Mesir,” kata Retno usai mendampingi Presiden Joko Widodo menerima kunjungan kehormatan Menteri Luar Negeri Malaysia di Istana Merdeka Jakarta, Jumat (11/8).

Retno mengaku bahwa penangkapan kedua mahasiswa di kota terlarang untuk warga asing di Mesir ini sudah dilaporkan ke Presiden.”Saya tadi sempat laporkan ke Presiden mengenai kondisi dua mahasiswa kita yang ditangkap oleh otoritas Mesir di kota Samanud,” tuturnya.

Retno mengatakan dirinya terus melakukan komunikasi dengan Duta Besar Indonesia untuk Mesir untuk mengetahui “update” terakhir kondisi WNI yang tertangkap di Mesir tersebut.

Menlu mengungkapkan bahwa pihak KBRI sudah dua kali mengirimkan nota diplomatik untuk meminta akses kekonsuleran, namun hingga saat ini belum mendapatkan sehingga sampai sekarang belum dapat berkomunikasi.

“KBRI sudah menyediakan dua ‘lawyer’ atau pengacara bersam tim konsuler sudah menuju ke Agra karena kita mendapatkan informasi bahwa kedua WNI tersebut berada atau ditahan di kantor polisi Aga,” ujarnya.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *