Berita  

Kemenag Putuskan Pelaksanaan Shalat Id Hari Ini

jakarta, KabarBerita.id — Dirjen Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama Kamaruddin Amin menyebut pembahasan terkait Salat Idul Fitri (Salat Id) berjemaah dalam situasi pandemi virus corona (Covid-19) dilakukan hari ini.

Kamarudin mengatakan Menteri Agama Fachrul Razi akan berkoordinasi dengan Gugus Tugas Covid-19 dan Majelis Ulama Indonesia (MUI) sebelum membahas penyelenggaraan Salat Id bersama Presiden Joko Widodo.

“Semoga besok sudah,” kata Kamaruddin, Selasa (12/5) malam.

Kamaruddin tak menanggapi lebih lanjut apa saja yang akan dibahas. Begitu pula soal kemungkinan pemerintah memperbolehkan Salat Id berjemaah di tengah pandemi.

Namun beberapa hari lalu, Fachrul sempat melontarkan wacana pelonggaran pembatasan rumah ibadah. Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid juga menyampaikan masyarakat di zona hijau boleh salat berjemaah seperti biasa.

Bahasan Salat Id sebelumnya disampaikan Ketua Gugus Tugas Covid-19 Doni Monardo. Ia bilang Salat Id tak akan digelar secara berjemaah jika corona belum mereda.

“Kalau bahaya atau ancaman sudah tidak ada, bisa saja salat dilakukan. Tapi manakala masih terdapat ancaman atau bahaya covid, maka ibadah Salat Id berjemaah tentunya ini tidak dilakukan,” kata Doni dalam jumpa pers, Selasa (12/5).

Pertanyaan terkait pelaksanaan Salat Id tahun ini muncul karena pandemi virus corona belum usai. Beberapa daerah di Indonesia juga masih menerapkan PSBB sejak April lalu.

MUI bahkan telah mengatur larangan Salat Id melalui fatwa. Larangan itu dituangkan dalam Fatwa MUI Nomor 14 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Ibadah dalam Situasi Terjadi Wavah Covid-19.

Tinggalkan Balasan