Kemenag Belum Pastikan Keberangkatan Umrah Usai Saudi Cabut Suspend

  • Bagikan
Saudi Arabia

Jakarta, KabarBerita.id — Hilman Latief selaku Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) mengatakan bahwa pihaknya belum dapat memastikan kapan keberangkatan calon jamaah Indonesia pada 1 Desember 2021 mendatang.

Diketahui sebelumnya bahwa Arab Saudi telah mencabut suspend penerbangan dari Indonesia tanpa mengharuskan transit ke negara ketiga terhitung mulai tanggal 1 Desember 2021.

Hilman melanjutkan, bahwa Kementrian Agama dan Kementrian Haji Arab Saudi akan terlebih dahulu membahas skenario dan teknis penyelenggaraan umrah di tengah pandemi.

Skenario itu antara lain kebijakan umrah satu pintu, skema karantina, validasi sertifikat vaksin dan juga hasil PCR serta lainnya.

Hian berharap skenario tersebut dapat segera disepakati sehingga bisa menjadi panduan umrah baik bagi jemaah umrah, pemerintah, dan penyelenggara perjalanan umrah (PPIU).

Selain Indonesia, otoritas Arab Saudi telah mengizinkan pendatang tanpa harus transit ke negara ketiga yakni ada negara Pakistan, Brasil, Mesir, India dan Vietnam.

Sebelumnya larangan terbang ini ditetapkan oleh Arab Saudi terhadap Indonesia dan negara lain sejak bulan Februari 2021.

Ketentuan tersebut sempat diperbarui di bulan Agustus 2021, namun hal itu hanya berlaku bagi orang yang memiliki izin tinggal di negara Arab Saudi.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan